Aliifa, Aaqilah Meutia and Prof.Dr. Sumiati,, S.E., M.Si.,CSRS,CFP. (2022) Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Asaff Hijab Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan bisnis di industri fashion saat ini semakin ketat seiring dengan berkembangnya industri fashion yang positif di Indonesia. Hal ini juga diiringi dengan adanya pertumbuhan UMKM yang pesat, khususnya di Kota Malang. Persaingan yang ketat di antara para pelaku usaha menunjukkan pentingnya perumusan strategi pengembangan bisnis agar mampu bertahan menghadapi persaingan di pasar. Asaff Hijab merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang fashion di Kota Malang yang menawarkan produk hijab. Seiring berjalannya bisnis ini, penjualan produk Asaff Hijab masih tidak stabil, bahkan mengalami penurunan penjualan. Beberapa permasalahan seperti SDM yang belum memadai hingga pemasaran produk yang masih belum efektif mengakibatkan perusahaan berada di posisi yang stagnan dengan penjualan produk yang sangat sedikit. Kondisi ini menjadi latar belakang pentingnya dilakukan penelitian ini, dengan tujuan menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan, hingga menghasilkan perumusan strategi yang tepat untuk pengembangan bisnis pada Asaff Hijab. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dari wawancara, serta data sekunder dari literatur, dokumen, dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks IFE, IFE, SWOT, IE, dan QSPM. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis strategi pada tahap keputusan yaitu strategi yang paling tepat untuk Asaff Hijab adalah strategi penetrasi pasar.
English Abstract
Business competition in fashion industry nowadays is increasing along the positive development of this industry in Indonesia. This is also followed by the rapid growth of MSME, particularly in Malang city. The fierce competition between business owners implies the importance of business strategy development in order to help the enterprises compete in the market. Asaff Hijab is a business in fashion industry in Malang city; and hijab is their commodity. Until today, the sales of this company remain unstable, and even tend to decrease. Insufficient human resource and ineffective product marketing have placed the venture in a stagnant position with very few sales. Based on the condition above, the objective of this research is to analyze the company’s internal and external factors to produce the appropriate strategy to develop their business. The primary data was harvested from interviews, while the secondary one was gathered from literatures and documents. The instruments of analysis are IFE Matrix, IFE Matrix, SWOT Matrix, IE Matrix, ad QSPM Matrix. Based on the results of the analysis, the appropriate strategy for Asaff Hijab is market penetration
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522020055 |
Uncontrolled Keywords: | Fashion, Perumusan Strategi, Pengembangan Bisnis, Fashion, Strategy Formulation, Business Development. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 02:33 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 02:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196094 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aaqilah Meutia A.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |