Implementasi Kebijakan Kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kelam Dalam Rangka Pelestarian Lingkungan (Studi Di Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat).

Syamsudin, Martinus and Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab, MP and Dr. Ir. Aminudun Afandi, MS (2018) Implementasi Kebijakan Kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kelam Dalam Rangka Pelestarian Lingkungan (Studi Di Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Sintang memiliki peran penting dalam kontribusi pembangunan yang bertujuan mendorong serta mengangkat potensi ekonomi sekaligus lapangan kerja, terutama yang bertujuan untuk mendorong bangkitnya pembangunan daerah. Membaiknya perekonomian pada tataran pemerintah daerah tentu akan memberi dampak meningkatnya kesejatehraan masyarakat dan sebagai upaya untuk pelestari budaya dan lingkungan hidup di Kabupaten Sintang. Pemerintah Kabupaten Sintang melalui pelaksanaan teknis bidang kepariwisataan yakni Disporaparekraf selalu memberi dukungan dalam mengembangkan kepariwisataan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Disporaparekraf mempunyai visi dan misi bidang kepariwisataan sebagai berikut Visi Pariwisata Kabupaten Sintang yakni “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Sintang Yang Cerdas, Sehat Berprestasi, Pariwisata yang Maju dan Berdaya Saing” dengan Misi Pariwisata Kabupaten Sintang yakni; a) Menciptakan Produk Pariwisata yang memiliki daya tarik dan menjadi pilihan tujuan secara elegan dan mantap, b) Meningkatkan pelayanan secara profesional dan memiliki daya saing antar daerah. c) Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pendapatan dari usaha pariwisata yang kreatif, inovatif sebagai modal pokok pertumbuhan ekonomi kerakyatan secara budaya dan sejahtera. d) Melindungi dan menjaga kemitraan secara terbuka bagi dunia usaha atau Investor yang dan menanamkan modalnya dibidang Pariwisata. d) Meningkatkan kerjasama antar daerah untuk mewujudkan paket pilihan sebagai sektor andalan dalam memberikan adanya dukungan pendapatan asli daerah. e) Menciptakan insan pariwisata yang dapat memberikan nuansa karakter budaya daerah yang konsisten dan kondusif. f) Menjaga keutuhan budaya yang merupakan aset bangsa Indonesia yang berbagai ragam budaya adalah merupakan Kekayaan budaya yang dapat dikemas secara baik dan indah untuk dinikmati sebagai Paket Wisata Fisik atau Dinamika Masyarakat Budaya. g) Meningkatkan perawatan dan melestarikan barang museum dan cagar alam yang merupakan bukti fisik peninggalan sejarah, budaya di Kabupaten Sintang. h) Meningkatkan sumber daya aparatur pariwisata melalui pelatihan, sosialisasi teknis Kebudayaan dan pariwisata yang profesional.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/306.4/SYA/i/2018/061810553
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kepariwisataan dan Pelestarian, Implementation, Tourism and Conservation.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Pertanian, Fakultas Pertanian
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:21
Last Modified: 20 Oct 2022 03:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195855
[thumbnail of MARTINUS SYAMSUDIN.pdf] Text
MARTINUS SYAMSUDIN.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item