Sudarman, Bella Febriyani and M. Zairul Alam,, S.H., M.H (2020) Penggunaan Perjanjian Bundling Di Indonesia Ditinjau Dari Segi Hukum Persaingan Usaha. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tentang Penggunaan Perjanjian bundling di Indonesia Ditinjau dari Segi Hukum Persaingan Usaha. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi dengan adanya kekosongan hukum terhadap pemanfaatan perjanjian bundling, yang dimana apabila tidak diatur akan terjadi persaingan usaha tidak sehat dalam perjanjian bundling yang sudah banyak dipakai sebagai strategi pemasaran di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimanakah indikator yang bisa digunakan dalam menentukan apakah perjanjian bundling tersebut melanggar prinsip persaingan usaha yang sehat? (2) Bagaimana rekomendasi pengaturan dalam perjanjian yang dilarang adanya pengaturan perjanjian bundling di Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan ( statute approach), pendekatan konseptual ( conceptual approach), pendekatan perbandingan ( comparative approach), pendekatan kasus ( case approach). Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang diperoleh dari studi pustaka adalah data tataran yang dianalisis secara analisis normatif, yaitu data yang terkumpul dituangkan dalam suatu uraian logis dan sistematis, yang selanjutnya dianalisis untuk memperoleh kejelasan penyelesaian masalah, kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif, yaitu dari hal yang bersifat umum menuju hal yang bersifat khusus. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada dimana indikator yang menentukan perjanjian bundling melanggar persaingan usaha apabila pemanfaatan perjanjian bundling akan memberi peluang bagi perusahaan untuk menambah penguasaan pasar atas setidaknya salah satu produk yang di bundle, keuntungan yang didapat oleh konsumen tidak dapat mengimbangi kerusakan persaingan yang ditimbulkan atas penerapan perjanjian bundling, apabila pelaku usaha menambahkan ketentuan- ketentuan yang memaksa konsumen untuk mengikuti ketentuan dari perusahaan, apabila membatasi produksi yang dimana produk tersebut adalah kebutuhan utama konsumen, dan dimana perjanjian kerjasama pelaksanaan bundling yang dilakukan oleh pelaku usaha tidak boleh secara eksklusif. Dan dimana rekomendasi pengaturan terhadap pemanfaatan perjanjian bundling ini sebaiknya diatur dengan baik dan secara jelas dan eksplisit dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Seha
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520010346 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 01:20 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195649 |
Text
Bella Febriyani Sudarman.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |