Efektivitas Pasal 7 Ayat (1) Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 11 Tahun 2010 Terkait Kepemilikan Izin Usaha Jasa Perjalanan Wisata (Studi Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang)

Prasetyo, Bagus and Lutfi Effendi,, S.H., M.Hum. and Anindita Purnama Ningtyas,, S.H.,M.H (2020) Efektivitas Pasal 7 Ayat (1) Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 11 Tahun 2010 Terkait Kepemilikan Izin Usaha Jasa Perjalanan Wisata (Studi Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kewajiban kepemilikan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) bagi pemilik Jasa Perjalanan Wisata baik Biro maupun Agen di Kota Malang belum sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Pelaksanaan Penerbitan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)bagi Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Wisata di Kota Malang banyak menuai berbagai permasalahan sehingga menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis Kepemilikan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) bagi biro maupun agen perjalanan wisata di Kota Malang dan menganalisis upaya Pemerintah Kota Malang dalam menegakkan Sanksi Administrasi terhadap biro maupun agen perjalanan wisata yang tidak memiliki izin di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumen- dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ditemukan sebanyak 51 Jasa Perjalanan Wisata melalui Media Sosial. Artinya jasa perjalanan wisata tersebut tidak jelas jenisnya agen maupun biro, tidak mempunyai TDUP, tidak ada alamat atau kantor pemasaran. Hal ini menjadi izin usaha tersebut tidak diakui secara legal. Kendala yang terjadi karna kultur budaya masyarakat sendiri yang malas untuk mengurus izinnya. Berdasarkan kekurangan tersebut, rekomendasi yang perlu dilakukan oleh Pemerintah untuk meminimalisir permasalahan mulai dari penegakkan hukum melalui sanksi administrasi, melakukan pengawasan yang ketat serta dibentuk aturan pelaksana bagi pihak-pihak yang berkewenangan untuk menjatuhkan sanksi administrasi bagi yang tidak mempunyai TDUP, dan melakukan pendekatan emosional dengan cara melakukan komunikasi secara langsung untuk merubah kultur dan paradigma masyarakat dalam memberikan pemahaman terkait pentingnya memiliki Tanda Usaha Daftar Pariwisata (TDUP)

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520010344
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:05
Last Modified: 13 Oct 2022 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195640
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bagus Prasetyo (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item