Kajian Kinerja Pelayanan Obyek Wisata Berdasarkan Preferensi Masyarakat Usia Muda Dalam Berwisata Di Kota Batu Dan Kabupaten Malang.

Azizi, Aqil Ariful and Dian Dinanti, ST., MT. and Wawargita Permata Wijayanti, ST., MT (2022) Kajian Kinerja Pelayanan Obyek Wisata Berdasarkan Preferensi Masyarakat Usia Muda Dalam Berwisata Di Kota Batu Dan Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Malang raya memiliki potensi wisata yang besar termasuk Kota Batu dan Kabupaten Malang yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dalam sektor pariwisata harus memperhatikan segmentasi pasar khususnya segmentasi berdasarkan usia. Usia juga menjadi faktor utama bagi wisatawan dalam memilih destinasi wisata khusunya generasi muda yang memiliki populasi yang sangat besar dibandingkan rentang usia lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menilai tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan wisatawan usia muda terhadap obyek obyek wisata yang ada di Kota Batu. (2) Menilai tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan wisatawan usia muda terhadap obyek obyek wisata yang ada di Kabupaten Malang. (3)Mengklasifikasikan tingkat kepuasan & kepentingan atribut pelayanan obyek wisata berdasarkan nilai kesesuaian. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan cara menyebarkan kuisioner secara daring kepada masyarakat berusia 17-23 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kota Batu dapat menarik lebih banyak wisatawan dibandingkan Kabupaten Malang, (2) Kota Batu memiliki jenis wisata buatan yang lebih dominan untuk menarik wisatawan usia muda untuk berkunjung, sedangkan Kabupaten Malang unggul pada jenis wisata alamnya (3) Kabupaten Malang memiliki tingkat kesesuian lebih tinggi pada jenis wisata alam, sedangkan kota batu mempunyai tingkat kesesuaian lebih tinggi pada jenis wisata buatan.

English Abstract

Malang Raya has great tourism potential, including Batu City and Malang Regency which have extraordinary natural beauty. The tourism sector must pay attention to market segmentation, especially segmentation based on age. Age is also a major factor for tourists in choosing tourist destinations, especially the younger generation who have a very large population compared to other age ranges. This study aims to (1) assess the level of satisfaction and the level of interest of young tourists towards tourism objects in Batu City. (2) Assessing the level of satisfaction and the level of interest of young tourists towards tourism objects in Malang Regency. (3) Classifying the level of satisfaction & importance of the service attributes of tourism objects based on the suitability value. This research is a survey research, by distributing online questionnaires to people aged 17-23 years. The analytical method used is Importance-Performance Analysis (IPA) to determine the level of interest and satisfaction level of respondents. The results of this study indicate that: (1) Batu City can attract more tourists than Malang Regency, (2) Batu City has a more dominant type of artificial tourism to attract young tourists to visit, while Malang Regency excels in the type of natural tourism ( 3) Malang Regency has a higher level of suitability for the type of natural tourism, while Batu City has a higher level of suitability for the type of artificial tourism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070188
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Usia Muda, Kinerja Pelayanan Obyek Wisata, Preferensi Berwisata, Tourism, Young Age, Tourism Service Performance, Travel Preference.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:25
Last Modified: 07 Oct 2022 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195397
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aqil Ariful Azizi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item