Developing Instructional Game “Adventure of Word” to Improve Morphological Awareness on Students of Politeknik Kota Malang

Riyadi, Devi Kurniasari and Dr. Putu Dian Danayanti Degeng, S.S., M.Pd; and Dr. Esti Junining, M.Pd (2019) Developing Instructional Game “Adventure of Word” to Improve Morphological Awareness on Students of Politeknik Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesadaran bermorfologi berhubungan terhadap perkembangan bahasa seperti dalam kosa kata dan membaca. Sebagian besar mahasiswa Politeknik Kota Malang kurang memiliki kesadaran bermorfologi. Hal ini disebabkan karena pembelajaran morfologi itu sendiri tidak diajarkan secara eksplisit dan tidak ada media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa tersebut. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk mengembangkan game pembelajaran “Adventure of Word” untuk meningkatkan kesadaran bermorfologi mahasiswa sebagai materi tambahan. Studi ini merupakan Penelitian dan Pengembangan menggunakan model Lee dan Owens, yang terdiri dari analisa kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Informatika (TI) Politeknik Kota Malang angkatan 2017. Terdapat dua ahli dalam memvalidasi prodak ini. Ahli untuk memvalidasi produk yaitu terdiri dari ahli isi dan ahli media/desain dan menggunakan kuisioner untuk memvalidai produk. Di bagian terakhir evaluasi, uji coba dilakukan kepada subjek penelitian dengan menggunakan kuisioner dalam mengumpulkan data. Dari hasil validasi para ahli, dari ahli isi, diperoleh 96.8% yakni secara isi produk dikategorikan valid, sedangkan dari hasil ahli media/desain, diperoleh 78.7% yaitu secara media/desain produk ini dikategorikan valid. Setelah produk divalidasi oleh para ahli, kemudian produk diuji cobakan kepada sebelas mahasiswa TI angkatan 2017. Hasilnya nya adalah 96.6% yang artinya produk ini dikualifikasikan sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan jika produk dikembangkan sangat baik dan dapat dijadikan media pembelajaran untuk mengajarkan morfologi kepada mahasiswa seingga dapat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan bermorfologi terutama dalam kata dasar, prefiks, sufiks, dan sirkumfis. Hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi kepada penelitian-penelitian yang berhubungan dengan pengembangan khususnya dibidang linguistik. Pelajaran morfologi dapat dikembangkan dengan media permainan. Penelitian ini memberikan implikasi baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis, hasil dari produk ini dapat meningkatkan motivasi intrinsic dan ekstrinsik. Secara praktis, produk ini dapat digunakan secara mandiri oleh mahasiswa. Peneliti menyarakan pada penelitian selanjutnya untuk mengembangkan produk dalam hal ukuran tulisan pada tingkat permainan, menambahkan jenis imbuhan lain, dan menggunakan media ini dengan desain penelitian lainnya seperti eksperimental dan penelitian tindakan kelas.

English Abstract

Morphological awareness (MA) has relation to language development in vocabulary and reading. Based on the interview in preliminary study, most of students of Politeknik Kota Malang are lack of MA. It is because morphology study is not taught explicitly and there is no instructional media that suit with students’ characteristic. Therefore, this study aims to develop an instructional game “Adventure of Word” to improve students’ morphological awareness as supplementary materials. This study is Research and Development (R & D) by using development model by Lee and Owens (2004), which consists of several stages; need assessment/analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subject in this study is twelve students of Informatics Engineering class of 2017 in Politeknik Kota Malang. There were two experts in validation the product. They consisted of the content expert and the media/design expert. In validating, it was used questionnaire. In last stage of evaluation, the try-out was done to the research subject by using questionnaire to collect the data. From the result of validation, from the content expert, it was found that 96.8% the product is valid, while from the media/design expert, it was found that 78.7% the product is valid. After the product had been validated, the try out had been done to 11 students of Informatics Engineering class of 2017. The result is 96.6%, which is meant that the product is excellent. It can be concluded that the product was well-developed as instructional media to teach morphology explicitly so that can help students to improve their morphological awareness especially in root word, prefix, suffix, and circumfix. The result of the study contributes to studies related to development research especially for developing product in linguistics studies. Morphology study can be developed as instructional media in the form of game. This study has also give implication theoretically and practically. Theoretically, the study can promote intrinsic and extrinsic motivation. Practically, this study can be used to the students to improve morphological awareness as selflearning. It is suggested for future researches to develop the product about the font size in level of the game, add other types of affixes, and use this media with other research designs such as experimental and classroom action research.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/415.9/Riy/d/2019/041909550
Subjects: 400 Language > 415 Grammar of standard forms of languages > 415.9 Morphology
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:12
Last Modified: 05 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195340
[thumbnail of Devi Kurniasari Riyadi.pdf] Text
Devi Kurniasari Riyadi.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item