Model Pemilihan Moda Transportasi Umum Dengan Variabel Laten Menggunakan Metode Structural Equation Model (Sem) (Studi Kasus: Malang-Surabaya)

Faroh, Rifky Aisyatul and Dr. Sobri Abusini,, MT and Prof. Dr. Marjono, M.Phil (2019) Model Pemilihan Moda Transportasi Umum Dengan Variabel Laten Menggunakan Metode Structural Equation Model (Sem) (Studi Kasus: Malang-Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tesis ini dijelaskan tentang model pemilihan moda transportasi umum dengan variabel laten menggunakan metode structural equation model (sem) (studi kasus: Malang-Surabaya). Metode Structural Equation Model atau biasa disebut dengan SEM merupakan salah satu analisis multivariat yang hasil analisanya dapat digunakan pada permasalahan yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang dalam pemilihan moda dan menghasilkan model struktural pada pemilihan moda. Penelitian ini menggunakan 2 moda, yaitu Bus dan Kereta Api. Variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 3 variabel laten dan 15 variabel manifes yang diduga mempengaruhi seseorang dalam pemilihan moda. Variabel laten tersebut adalah perilaku penumpang, kepuasan kinerja, dan pemilihan moda. Sedangkan untuk variabel manifes diantaranya usia, pendapatan, jumlah keluarga, kepemilikan kendaraan, jarak, keselamatan, kecepatan, ketepatan, pelayanan, biaya, kebersihan, keamanan, kenyamanan, aksesibilitas, dan frekuensi perjalanan. Dari hasil analisis data menggunakan metode SEM, dihasilkan bahwa pada setiap moda memiliki faktor-faktor yang berbeda bagi sseorang dalam pemilihan moda. Faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih moda Bus antara lain Usia, Pendapatan, Kepemilikan Kendaraan, Jarak, Keselamatan, Ketepatan, Kecepatan, Pelayanan, Biaya, Keamanan, dan Kenyamanan. Pada moda Kereta Api, faktor-faktor tersebut adalah Usia, Pendapatan, Keselamatan, Ketepatan, Pelayanan, Biaya, Kebersihan, Aksesibilitas, Keamanan, dan Kenyamanan.

English Abstract

In this thesis, it is explained about the mode choice model for public transport with latent variabel using structural equation model (sem) method (case study: Malang-Surabaya). The Structural Equation Model method or commonly called SEM is a multivariate analysis whose results can be used in more complex problems. This study aims to determine the factors that influence a person in mode choice and produce a structural model for mode choice. This study uses 2 modes, namely Bus dan Train. The variables used in this study are 3 latent variables and 15 manifest variables that are thought to influence someone in the mode choice. The latent variables are passenger behavior, performance satisfaction, and mode choice. Whereas for manifest variables include age, income, family number, vehicle ownership, distance, safety, speed, accuracy, service, cost, cleanliness, security, convenience, accessibility, and frequency. From the results of data analysis using the SEM method, it is produced that in each mode has different factors in mode choice. Factors that influence a person in choosing Bus mode include Age, Income,

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 041902943
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Structural Equation Model (SEM), Variabel Laten, Perilaku Penumpang, Kepuasan Kinerja, Pemilihan Moda.
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation
Divisions: S2/S3 > Magister Matematika, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:09
Last Modified: 04 Oct 2022 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195318
[thumbnail of RIFKY AISYATUL FAROH.pdf] Text
RIFKY AISYATUL FAROH.pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item