Reformulasi Pengaturan Mengenai Pengalihan Saham Oleh Anggota Komite Audit Dalam Perseroan Terbatas Yang Berkepastian Hukum.

Surya, Mikail Akbar and Dr. Reka Dewantara, SH., MH and Prawatya Ido Nurhayati, SH., M.Kn (2021) Reformulasi Pengaturan Mengenai Pengalihan Saham Oleh Anggota Komite Audit Dalam Perseroan Terbatas Yang Berkepastian Hukum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi ini, Penulis mengangkat permasalahan pada pengalihan kepemilikan saham oleh komite audit pada perseroan terbatas. komite audit merupakan salah satu jenis komite yang dibentuk oleh Dewan Komisaris. Yahya Harahap menjelaskan bahwa yang berwenang membentuk komite audit adalah Dewan Komisaris. Haknya ada pada Dewan Komisaris yang bersifat fakultatif, yakni dapat dibentuk. Bukan bersifat imperatif. Terserah sepenuhnya kepada kebijakan dan pertimbangan Dewan Komisaris. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) atau Direksi tidak berwenang mencampuri pembentukannya karena benar-benar merupakan hak otonomi Dewan Komisaris. Karena kewenangan pembentukan komite (dalam hal komite audit) ada di Dewan Komisaris, maka Komite Audit bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 121 ayat (2) UUPT. Isu hukum yang terjadi ditemukan penulis ketika melihat subtansi dalam Pasal 7 huruf i Peraturan OJK Nomor 55 Tahun 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit. Dijelaskan apabila anggota komite audit memperoleh saham maka saham tersebut harus dialihkan ke orang lain dalam jangka waktu 6 (enam) bulan, yang bisa menimbulkan masalah adalah cara atau mekanisme pengalihan saham tersebut. Tidak adanya peraturan (kekosongan hukum) yang mengatur tentang peralihan saham yang dimiliki anggota komite audit kepada orang lain sehingga dapat menyebabkan pelanggaran yang baru dan nantinya peralihan saham tersebut akan sia-sia atau hanya formalitas saja.”

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010156
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:32
Last Modified: 03 Oct 2022 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195280
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mikail Akbar Surya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item