Assessing On Ecotourism From Locals Perspective: A Case Study In Resort Ranu Pani Bromo Tengger Semeru National Park

Purwanti, Rini and Dr. Kusdi Rahardjo, DEA, and Wike, S.Sos, M.Si, DPA. (2017) Assessing On Ecotourism From Locals Perspective: A Case Study In Resort Ranu Pani Bromo Tengger Semeru National Park. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ukungan masyarakat merupakan hal penting dalam pengelolaan ekowisata. Salah satu cara untuk mengkajinya adalah melalui penilaian ekowisata dari perspektif dan partisipasi mereka. Penelitian ini dilakukan di Resort Ranu Pani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai informan kunci. Penilaian terhadap ekowisata terdiri dari aspek manajemen, sosial dan ekonomi, budaya dan lingkungan. Dan penilaian ini berdasarkan kriteria Dewan Pariwisata Berkelanjutan Global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan ekowisata sudah berjalan dengan baik, namun perlu perbaikan. Dan, berdasarkan pandangan masyarakat setempat, ekowisata dapat meningkatkan pendapatan mereka. Selanjutnya, dalam aspek cagar budaya, otoritas telah mendukung dalam hal pelestarian budaya dan acara budaya. Sementara itu, dalam aspek lingkungan, pengelola taman nasional bersama masyarakat telah berupaya mengurangi gangguan keanekaragaman hayati dan mengelola sampah di sekitar kawasan ekowisata. Juga, masyarakat setempat telah berpartisipasi dalam ekowisata

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.479 1/PUR/a/2017/041811854
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:48
Last Modified: 29 Sep 2022 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195124
[thumbnail of Rini Purwanti.pdf] Text
Rini Purwanti.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item