Kajian tentang Pengaruh Program Nasional Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi terhadap Pengentasan Kemiskinan Perdesaan di Indonesia Tahun 2015-2016

Krisnawati, Estifania and Prof. Agus Suman, SE., DEA., Ph.D and Putu Mahardika Adi Saputra, SE., M.Si., Ph.D (2018) Kajian tentang Pengaruh Program Nasional Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi terhadap Pengentasan Kemiskinan Perdesaan di Indonesia Tahun 2015-2016. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia dihadapkan pada permasalahan jumlah penduduk yang terus meningkat tiap tahunnya, hal ini memacu meningkatnya kebutuhan pangan pokok terutama beras, ditambah lagi negara kita merupakan negara dengan konsumsi beras perkapita tertinggi di dunia, sehingga pemerintah perlu menjamin tersedianya beras bagi penduduknya. Di sisi lain produksi padi sebagai penghasil beras belum optimal sebagai akibat keterbatasan modal yang dimiliki petani dan kerusakan infrastruktur irigasi yang menyebabkan petani terus berada dalam lingkaran kemiskinan. Untuk itu diperlukan campur tangan pemerintah melalui pengeluaran bidang pertanian, salah satunya adalah program nasional Upaya Khusus (UPSUS) Peningkatan Produksi Padi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh dana program UPSUS Peningkatan Produksi Padi secara langsung terhadap kemiskinan perdesaan di wilayah barat dan timur Indonesia, (2) mengetahui pengaruh dana program UPSUS Peningkatan Produksi Padi terhadap kemiskinan perdesaan secara tidak langsung melalui produksi padi, kesejahteraan petani dan PDRB subsektor tanaman pangan di wilayah barat dan timur Indonesia, dan (3) mengetahui pola pengelompokan pemetaan setiap provinsi berdasarkan keterkaitan antara produksi padi dan kemiskinan perdesaan di wilayah barat dan timur Indonesia. Penelitian dilakukan di 33 (tiga puluh tiga) Provinsi di Indonesia, yang kemudian dilakukan pengelompokan provinsi kedalam 2 (dua) wilayah geografis yaitu wilayah barat dan timur Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh pada masing-masing kelompok wilayah mengingat perbedaan kondisi geografis dan potensi tanaman padi di wilayah tersebut. Metode yang digunakan adalah Path Analysis dan analisis kuadran. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung dana UPSUS Padi terhadap kemiskinan secara nyata terjadi di wilayah timur dengan koefisien yang positif, sedangkan di wilayah barat dana UPSUS Padi tidak terbukti berpengaruh terhadap kemiskinan perdesaan. Sementara itu Dana UPSUS Padi terhadap kemiskinan perdesaan di wilayah barat berpengaruh tidak langsung melalui produksi padi dan PDRB subsektor tanaman pangan, sedangkan di wilayah Timur, pengaruh tidak langsung Dana UPSUS Padi terhadap kemiskinan memiliki dua pola yaitu pengaruh tidak langsung melalui produksi padi dengan koefisien yang negatif; dan pengaruh tidak langsung melalui produksi padi dan PDRB subsektor tanaman pangan dengan koefisien positif. Pola pengelompokan setiap provinsi berdasarkan tingkat produksi padi terhadap kemiskinan perdesaan menunjukkan bahwa baik di barat dan timur Indonesia didominasi provinsi pada kuadran non produsen masing-masing sebanyak 7 (tujuh) provinsi, sedangkan kuadran dengan jumlah provinsi terendah di wilayah barat adalah kuadran produsen (2 provinsi), sedangkan pada wilayah timur berada pada kuadran transisi (0 provinsi).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.57/KRI/k/2018/042002726
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.5 Poor people
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:24
Last Modified: 28 Sep 2022 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195064
[thumbnail of Estifania Krisnawati.pdf] Text
Estifania Krisnawati.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item