Implementasi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Di Kota Malang (Studi Pada Implementasi Peraturan Wali Kota Malang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Malang Tahun 2013-2018)

Takanjanji, Paulus Diki and Prof. Dr. Sumartono, MS and Dr. Mardiyono, MPA (2018) Implementasi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Di Kota Malang (Studi Pada Implementasi Peraturan Wali Kota Malang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Malang Tahun 2013-2018). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran Pemerintah dalam suatu negara dan wilayah adimnistratif memiliki perna penting dalam mengatasi masalah-masalah publik, termasuk masalah kemiskinan. Peran pemerintah adalah melalui pembuatan dan pelaksanaan kebijakan. Pemerintah Kota Malang sudah memiliki kebijakan untuk mengatasi maslah kemiksinan. Namun, dalam pelaksanaan kebijakan masih menyisakan pekerjaan rumah. Pelaksanaan kebijakan masih diwarnai kurangnya sinergitas dan koordinasi, pelaksanaan kebijakan yang kurang fokus pada pemberdayaan masyarakat, dan pemantauan dampak yang minim. Masalah ini mempengaruhi pencapaian tujuan kebijakan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan kebijakan menurut perspektif model implementasi Grindle. Metode Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, obseravsi dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisi Interactive Model of Analysis (Miles, Huberman Dan Saldana 2014). Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan penanggulangan kemiskinan di Kota Malang sudah berjalan cukup baik. Hal ini terlihat dari pencapain tujuan kebijakan. Namun, pelaksanaan kebijakan bukan tanpa masalah. Pertama; Kurangnya dukungan penguasa dalam pelaksanaan kebijakan penanggulangan kemiskinan. Kedua; ego sektoral sehingga menyebabkan kurangnya sinergitas, kurangnya koordinasi, kurangnya keterpaduan dan integrasi. Ketiga; pelaksana teknis kurang fokus pada tujuan. Keempat; pelaksanaan kebijakan hanya sebatas pada hasil kebijakan, belum intensif dalam pemantauan dampak kebijakan atau kinerja kebijakan. Kelima; Pemerintah belum menfaatkan dukungan teknologi dalam menindaklanjuti hasil pelatihan yang diberikan. Keenam; partisipasi masyarakat baik masyarakat umum, masyarakat miskin itu sendiri, kampus dan swasta menentukan keberhasilan pelaksanaan kebijakan. Ketujuh; penerima masyarakat merasakan dampak dan perubahan akibat intervensi kebijakan Pemerintah Kota Malang. Namun ada juga yang tidak merasakan dampak dan perubahan yang tidak berlanjut, serta ada yang tidak merasakan perubahan kebijakan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.57/TAK/i/2018/041811973
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.5 Poor people
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:07
Last Modified: 28 Sep 2022 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195052
[thumbnail of Paulus Diki Takanjanji.pdf] Text
Paulus Diki Takanjanji.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item