Perbedaan Keberhasilan Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Dosis Ganda Sexing Dan Non-Sexing Pada Waktu Yang Berbeda Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein

Aprilian, Dhindo and Prof. Dr.Ir. Sri Wahjuningsih, ,M.Si and Aulia Puspita, S.Pt.,MP.,M.Sc. (2022) Perbedaan Keberhasilan Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Dosis Ganda Sexing Dan Non-Sexing Pada Waktu Yang Berbeda Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inseminasi Buatan (IB) adalah salah satu teknologi tepat guna meningkatkan mutu genetik ternak dan mempercepat peningkatan populasi ternak. Semen Sexing adalah proses pemisahan dari spermatozoa Y dan spermatozoa X yang bertujuan untuk dapat menghasilkan pedet betina dan sebagai upaya efisiensi reproduksi dalam program IB. Penelitian lapang ini dilaksanakan di peternakan rakyat Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Jawa Timur pada bulan agustus hingga bulan desember 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keberhasilan IB menggunakan semen dosis ganda sexing dan non sexing pada waktu yang berbeda pada sapi Friesian Holstein berdasarkan Non Return Rate (NRR), Conception Rate (CR), dan Pregnancy Rate (PR). Materi penelitian yang digunakan adalah sapi peranakan Friesian Holstein sebanyak 98 ekor sapi betina yang birahi dan memiliki skor BCS 2-5. Pada 49 ekor menggunakan semen non sexing dosis ganda dan pada 49 ekor menggunakan semen sexing dosis ganda yang diproduksi oleh BBIB Singosari. Semen yang digunakan pada penelitian ini mengandung spermatozoa X dengan harapan dapat menghasilkan pedet betina. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pengukuran NRR semen non sexing diperoleh persentase 81,63% dan 71,43%. Pada semen sexing diperoleh persentase 87,76% dan 83,67%. Pada persentase nilai Conception Rate pada semen non sexing diperoleh 57% dan pada semen sexing diperoleh 63%. Pada persentase Pregnancy Rate menggunakan semen non sexing diperoleh 67% dan pada semen sexing diperoleh 69%. Dapat disimpulkan bahwa perlakuan menggunakan semen dosis ganda semen non sexing mendapatkan hasil yang lebih rendah dibandingkan dengan semen sexing. Saran dari hasil penelitian lapang ini adalah perlu adanya penelitian lanjutan terkait metode Inseminasi Buatan dengan semen sexing guna meningkatkan keberhasilan IB dengan semen sexing. Serta perlu adanya pembandingan inseminasi buatan menggunakan semen sexing lainnya. Peternak disarankan menggunakan semen dosis ganda sexing guna mendapatkan pedet sesuai dengan yang diharapkan.

English Abstract

Artificial insemination (AI) in dairy cows using X spermatozoa sexed semen can increase the chances of female calves production. However, the number of spermatozoa in the product of sexing straw was less than the non-sexing frozen semen. Therefore, the purpose of this study was to compare the success rate of artificial insemination in dairy cows between using non-sexing semen and sexing semen with the double dose method at different times method. This research was conducted in local farmers in Pujon District, Malang Regency, East Java. Totally, 98 were used in this research with 49 dairy cows were inseminated using non-sexing semen (T1) and 49 other cows using sexing semen (T2). The results of the study were obtained based on checking pregnancy usingultrasonography (USG). While the variables were observed using Non Return Rate (NRR), Conception Rate (CR), and Pregnancy Rate (PR). Then, the results were analyzed descriptively and continued by chi-square test. The results showed that the percentage NRR1 and NRR2 in T1 were 81.63% and 71.43%, respectively. Meanwhile, the T2 percentages were 87.76% and 83.67%. Then the CR obtained in T1 and T2 respectively, which was 57% and 63%, while the percentage of PR obtained was 67% and 69%. Chi square test result also showed that the NRR and CR calculations had significantly different result (P<0,05), while for the PR there was not showed different result (P>0,05). In conclusion, the success rate of artificial insemination using sexing semen is higher than using non-sexing semen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050210
Uncontrolled Keywords: artificial insemination, sexing semen, non return rate, conception rate, pregnancy rate.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:17
Last Modified: 27 Sep 2022 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194988
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhindo Aprilian.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item