Uji Kualitatif Penggunaan Antibiotik Di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Instalasi Rawat Inap I Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful Anwar Malang Periode 1 Agustus-31 Oktober 2016

Setiawan, Nugraha and dr. Niniek Budiarti, SpPD-KPTI and dr. Heri Sutanto, SpPD (2018) Uji Kualitatif Penggunaan Antibiotik Di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Instalasi Rawat Inap I Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful Anwar Malang Periode 1 Agustus-31 Oktober 2016. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang: Antibiotik merupakan obat yang paling banyak digunakan pada infeksi bakteri. Oleh karena itu penggunaannya secara rasional menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk mencegah resistensi terhadap antibiotik. Berdasarkan beberapa penelitian sekitar 40-62% antibiotik digunakan secara tidak tepat dan 30-80% tidak didasarkan pada indikasi. Tujuan penelitian: Mengetahui rasionalitas penggunaan antibiotik di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Instalasi Rawat Inap I Rumah Sakit Umum Daerah dr Saiful Awar Malang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan retrospektif. Penelitian dilakukan mulai 1 Agustus sampai 31 Oktober 2016. Sampel penelitian berupa data pasien rawat inap di Departemen IPD yang menggunakan antibiotik selama menjalani perawatan di IRNA I RSSA Malang. Rekam medis yang terdapat penggunaan antibiotik dilakukan analisa data dan disalin ke dalam Lembar Pengumpul Data, data yang terkumpul dilakukan analisa kualitatif penggunaan antibiotik dengan metode Gyssens. Hasil: Terdapat 45 rekam medis yang didapatkan secara acak dan dilakukan analisa, menunjukkan penggunaan antibiotik di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Instalasi Rawat Inap I Rumah Sakit Umum Daerah dr Saiful Anwar Malang 62,2% rasional. Penggunaan irasional terdiri dari 6,6% tidak ada indikasi. 11% terdapat antibiotika yang lebih efektif, 11% terdapat antibiotik yang lebih aman, 22% terdapat antibiotik yang lebih murah, 8,8% terdapat antibiotik dengan spektrum lebih sempit. penggunaan terlalu lama 17.6%, penggunaan terlalu singkat 22%. Tidak tepat dosis 8.8%, tidak tepat interval 4,4% tidak tepat rutenya sebesar 6,6%. Tidak tepat waktu pemberian sebesar 13,4%. Kesimpulan: Rasionalitas penggunaan antibiotik di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Instalasi Rawat Inap I Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang sebesar 62,2%, hasil ini berada dalam rentang rasionalitas dengan penelitian lain yang dilakukan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616/SET/u/2018/041810515
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:04
Last Modified: 26 Sep 2022 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194859
[thumbnail of Nugraha Setiawan.pdf] Text
Nugraha Setiawan.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item