Efektivitas Konsep Pengajaran Remedial Enrichment Consulting (REC) di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi di Kabupaten Ngawi).

Fausiyah, Inayatul and Dr. Farida Nurani, S.Sos., M.Si and Asti Amelia Novita, S.AP., M.AP., Ph.D. (2022) Efektivitas Konsep Pengajaran Remedial Enrichment Consulting (REC) di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi di Kabupaten Ngawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siswa memiliki minat tinggi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), namun siswa yang mengikuti tes seleksi masuk PTN lebih banyak yang gagal daripada siswa yang lulus. Siswa membutuhkan konsep pengajaran Remedial Enrichment Consulting untuk mempersiapkan kompetisi mereka mengikuti tes seleksi masuk di PTN. Lembaga bimbingan belajar berperan penting dalam membantu siswa, mendampingi siswa, membekali dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti tes seleksi masuk PTN. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis efektivitas konsep pengajaran Remedial Enrichment Consulting (REC) di lembaga bimbingan belajar ternama (studi di Kabupaten Ngawi) pada siswa kelas 12 SMA/SMK/MA Sederajat yang mengikuti seleksi masuk PTN; (2) untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi efektivitas konsep pengajaran Remedial Enrichment Consulting (REC) di lembaga bimbingan belajar ternama (studi di Kabupaten Ngawi) pada siswa kelas 12 SMA/SMK/MA Sederajat yang mengikuti seleksi masuk PTN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan konsep pengajaran Remedial Enrichment Consulting (REC) di lembaga bimbingan belajar (studi di Kabupaten Ngawi) pada siswa kelas 12 yang mengikuti seleksi masuk PTN adalah efektif. Adapun faktor pendukung efektivitas konsep pengajaran Remedial Enrichment Consulting di lembaga bimbingan belajar (studi di Kabupaten Ngawi) pada siswa kelas 12 yang mengikuti seleksi masuk di PTN yaitu dari siswa, metode belajar yang digunakan, tenaga pengajar, sarana dan prasarana belajar, serta orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu dari siswa, keinginan orang tua, pengaruh teman dan lingkungan siswa, serta faktor lain seperti ketidaksesuaian jurusan dan sekolah siswa, daya tampung di PTN, dan adanya kesalahan informasi yang dapat mempengaruhi siswa.

English Abstract

Students are highly interested in entering State Universities (PTN), but students who take the PTN entrance selection test fail more than those who pass. Students need the teaching concept of Remedial Enrichment Consulting (REC) to prepare for their competition to follow the entrance selection test at PTN. Tutoring agencies play an essential role in helping, assisting, equipping, and preparing students to take the PTN entrance selection test. The purposes of this study were (1) to determine, describe, and analyze the effectiveness of the teaching concept of REC at well-known tutoring agencies (study in Ngawi Regency) for 12th-grade students of Senior High Schools/Vocational High Schools/ Islamic Senior High Schools (SMA/SMK/MA) or Equivalent who participate in the entrance selection of PTN; and (2) to know, describe, and analyze the supporting and inhibiting factors that affect the effectiveness of the REC teaching concept. This study used a qualitative research type with a descriptive approach. This study's results showed that the REC teaching concept at tutoring agencies for 12th-grade students participating in the PTN entrance selection is effective. The factors supporting the effectiveness of the REC teaching concept in tutoring agencies were students, learning methods used, teaching staff, learning facilities, infrastructure, and parents. In contrast, the inhibiting factors were students themselves, parents' wishes, the influence of friends and the student's environment, and other factors such as incompatibility of majors and students' schools, capacity in PTN, and misinformation that can affect student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030077
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Remedial Enrichment Consulting, Lembaga Bimbingan Belajar, Teaching, Remedial Enrichment Consulting, Tutoring Agency.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:48
Last Modified: 26 Sep 2022 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194823
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Inayatul Fausiyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item