Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E- Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Pada Umkm Di Kota Malang: (Studi Kasus Pada Sektor Food & Beverages)

Utami, Dewi Arfianita and Dias Satria,, S.E., M.App. Ec., Ph.D (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E- Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Pada Umkm Di Kota Malang: (Studi Kasus Pada Sektor Food & Beverages). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rendahnya akses digital dalam sistem jual beli di Indonesia menjadi sebuah permasalahan dalam pengembangan UMKM di Indonesia, padahal UMKM merupakan tonggak utama dalam meningkatkan PDB Indonesia serta menanganani pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-commerce oleh pelaku UKM, apakah penggunaan e-commerce tersebut mampu mempengaruhi profitabilitas baik secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel independen pada model pertama adalah kesiapan organisasi (KO), Tekanan Eksternal (TE), Kemudahan Penggunaan (KP) dan manfaat e-commerce (ME) sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah penggunaan e-commerce(PE). Model kedua menggunakan variabel independen penggunaan e-commerce (PE) dan variabel depend yang digunakan adalah profitabilitas (PT). Melalui penggunaan metode Partial Least Squares (PLS), peneliti mengolah data yang diperoleh dari 50 responden pelaku UMKM di Kota Malang dengan hasil penelitian yang menunjukkan variabel kesiapan organisasi dan manfaat e-commerce berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-commerce sedangkan variabel tekanan eksternal dan kemudahan penggunaan berpengaruh tidak signifikan terhadap penggunaan e-commerce karena kurangnya motivasi dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan model kedua menunjukkan hasil bahwa variabel independen yang digunakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi faktor- faktor yang mempengaruhi penggunaan e-commerce maka semakin mampu dalam meningkatkan profitabilitas pada UMKM baik secara langsung maupun tidak langsung.

English Abstract

The low digital access in the buying and selling system in Indonesia is a problem in the development of MSMEs in Indonesia, even though MSMEs are a major milestone in increasing Indonesia's GDP and dealing with unemployment. This study aims to analyze how the influence of the factors that influence the use of e-commerce by SMEs, whether the use of e-commerce is able to affect profitability either directly or indirectly. The type of research used is descriptive quantitative research with the independent variables in the first model being organizational readiness (KO), External Pressure (TE), Ease of Use (KP) and the benefits of e-commerce (ME) while the dependent variable used is the use of e-commerce. (PE). The second model uses the independent variable using e-commerce (PE) and the dependent variable used is profitability (PT). Through the use of the Partial Least Squares (PLS) method, the researcher processed the data obtained from 50 respondents of MSMEs in Malang City with the results of the research showing that the variables of organizational readiness and the benefits of e-commerce had a significant effect on the use of e- commerce while the variables of external pressure and ease of use. This does not have a significant effect on the use of e-commerce due to a lack of motivation in improving human resource capabilities and the second model shows that the independent variable used has a positive and significant effect on the dependent variable. This study concludes that the higher the factors that influence the use of e- commerce, the more it is able to increase the profitability of MSMEs, either directly or indirectly.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020145
Uncontrolled Keywords: e-commerce, income, profitability, MSMEs actor, e-commerce, income, profitability, MSMEs actor.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:19
Last Modified: 26 Sep 2022 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194779
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dewi ArfianitaUtami.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item