Evaluasi Kualitas Website Perpustakaan Universitas Brawijaya Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (Studi Pada Perpustakaan Universitas Brawijaya)

Fitriah, Ida and Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom and Bondan Sapta Prakoso, S.T., M.Kom (2020) Evaluasi Kualitas Website Perpustakaan Universitas Brawijaya Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (Studi Pada Perpustakaan Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas website merupakan bagian penting yang sangat berpengaruh bagi citra organisasi (perpustakaan) yang juga dapat mempengaruhi perilaku pengguna layanan. Selain itu, perubahan penting dan signifikan dalam sistem perpustakaan juga turut membawa persyaratan mengenai kualitas layanan yang tinggi dari pengguna perpustakaan. Zeithaml (dalam Manasra et.al, 2013) menyatakan bahwa dengan menawarkan kinerja yang lebih baik termasuk spesifikasi faktor kualitas web yang sangat baik berguna untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Penelitian ini menganalisis persepsi pengguna dan harapan pengguna terhadap kualitas website perpustakaan UB dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil dari pengukuran kinerja dan kepentingan menunjukan tingkat kesesuian yang Sangat Baik diantara keduanya dengan rata-rata persentase > 85%. Namun pada analisis kuadran IPA, kualitas website pada indikator U3, U4, IQ11, dan SIQ22 tidak dapat memenuhi ekspetasi pengguna. Karena nilai kinerja dari indikator ini berada dibawah nilai rata-rata kinerja keseluruhan. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi pihak manajemen website perpustakaan UB untuk meningkatkan/ memperbaiki kualitas dan menjawab ekspetasi pengguna terhadap kualitas website.

English Abstract

Website quality is an important part that is very influential for the image of the organization (library) which can also affect the behavior of service users. In addition, important and significant changes in the library system also brought with it requirements regarding the high quality of service from library users. Zeithaml (in Manasra et.al, 2013) states that by offering better performance including specifications of an excellent web quality factor is useful for increasing user satisfaction. This study analyzes user perceptions and user expectations of the quality of UB library websites by using the Webqual 4.0 method and Importance Performance Analysis (IPA). The results of performance and importance measurements show a very good level of conformity between the two with an average percentage of> 85%. However, in the IPA quadrant analysis, website quality on the indicators U3, U4, IQ11, and SIQ22 cannot meet user expectations. Because the performance value of this indicator is below the average value of overall performance. Researchers hope that the results of this study can be used as a reference for UB library website management to improve / improve quality and answer user expectations of website quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150196
Uncontrolled Keywords: website perpustakaan UB, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA), UB library websites, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:47
Last Modified: 25 Sep 2024 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194752
[thumbnail of Ida Fitriah.pdf] Text
Ida Fitriah.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item