Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Pada Reputasi Perusahaan (Studi Pada Perbankan Di Indonesia)

Nofrianti, Aulia and Dr. Erwin Saraswati,, Ak., CPMA., CSRS., CA. (2020) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Pada Reputasi Perusahaan (Studi Pada Perbankan Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Perbankan merupakan perusahaan yang sangat sensitif terhadap reputasi karena perusahaan perbankan bergerak dibidang jasa yang highly regulated. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance pada Reputasi Perusahaan Perbankan di Indonesia. Laporan dari 15 perusahaan selama lima tahun (2014-2018) yaitu 75 sampel yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik pengungkapan CSR dan GCG, maka akan cenderung meningkatkan reputasi perusahaan. Ukuran dan pertumbuhaan perusahaan dalam penelitian ini juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan, namun leverage tidak dapat meningkatkan reputasi perusahaan, karena besar kecilnya hutang tidak terlalu diperhatikan oleh investor, investor lebih memperhatikan bagaimana pihak manajemen perusahaan menggunakan dana tersebut dengan efektif dan efisien untuk meningkatkan reputasi perusahaan.

English Abstract

Banking companies are companies that are very sensitive to reputation, because banking companies are engaged in highly regulated services. This study aims analyze the influence of disclosure of CSR and GCG on the Reputation of Banking Companies in Indonesia. Reports from 15 companies for five years (2014-2018) that is 75 samples that have been listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) were selected using the purposive sampling method. The data analysis technique used in the research is multiple linier regression analysis using the SPSS for Windows application. The results showed that the better of CSR and GCG disclosure, the more likely it would be to improve the companies reputation. The size and growth of the company in this study can also improve the companies reputation, but leverage cannot improve the companies reputation, because the size of the debt is not given much attention by investors, investors pay more attention to how the companies management uses these funds effectively and efficiently to enhance the companies reputation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020139
Uncontrolled Keywords: CSRD, GCG, Reputasi Perusahaan, CSRD, GCG, Corporate Reputation.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:19
Last Modified: 23 Sep 2022 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194747
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aulia Nofrianti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item