Peran Sakinah Minimarket dalam Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Malang (Studi Kasus Sakinah Minimarket Cabang Cengkeh)

Agdhani, Feby Nur and Prof. Dr. Khusnul Ashar,, SE., M.A. (2020) Peran Sakinah Minimarket dalam Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Malang (Studi Kasus Sakinah Minimarket Cabang Cengkeh). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemasaran yang diterapkan oleh Sakinah Minimarket dalam mengembangkan UMKM dan bentuk kerjasama yang dilakukan antara Sakinah Minimarket Cabang Cengkeh dengan UMKM yang menjadi anggotanya di Kota Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari literature, artikel, jurnal serta situs di internet. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Cabang Sakinah Minimarket Cengkeh dan para UMKM yang menjadi anggotanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi karena sesuai dengan pengalaman subyek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisa data dengan analisis deskriptif dan diuji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi dengan sumber dan teknik triangulasi dengan metode. Maka secara keseluruhan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem pemasaran yang diterapkan adalah display product yaitu interior display dengan jenis open display dan bentuk kerjasamanya menggunakan konsinyasi atau titip jual dengan pendeketan syirkah wujuh. Kedua hasil tersebut sudah sesuai dengan syariat islam karena Sakinah Minimarket Cabang Cengkeh menerapkan prinsip islam.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the marketing system applied by Sakinah Minimarket in developing MSMEs and the form of cooperation between Sakinah Minimarket Branch of Cengkeh and MSMEs members in Malang City. The data used in this study are primary data obtained from interviews and secondary data obtained from literature, articles, journals and sites on the internet. The informants in this study were the Head of the Sakinah Minimarket Branch of Cengkeh and the MSMEs who were its members. This study uses a phenomenological approach because it is in accordance with the experiences of the subjects under study. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The method of data analysis was descriptive analysis and the validity of the data was tested using the triangulation technique with sources and the triangulation technique using the method. So overall this research uses descriptive qualitative. The results of this study indicate that the marketing system applied is a product display, namely an interior display with an open display type and the form of cooperation using a consignment or selling point with a syirkah wujuh approach. Both results are in accordance with Islamic law because Sakinah Minimarket Branch of Cengkeh applies Islamic principles.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020131
Uncontrolled Keywords: Sakinah Minimarket, UMKM, Sistem Pemasaran, Bentuk Kerjasama, Sakinah Minimarket, MSMEs, Marketing System, Form of Cooperation
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:04
Last Modified: 23 Sep 2022 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194678
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Feby Nur Agdhani (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item