Manajemen Konflik Dalam Penyelesaian Permasalahan Hubungan Industrial (Studi Pada Bidang Hubungan Industrial

Dhulhijjahyani, Firdausi and Prof. Dr., Sjamsiar Sjamsuddin and Dr. Mohammad Nuh, S.Ip, M (2019) Manajemen Konflik Dalam Penyelesaian Permasalahan Hubungan Industrial (Studi Pada Bidang Hubungan Industrial. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam interaksi yang terjadi pada hubungan industrial akan ditemukan perbedaan pemikiran antara pengusaha dan pekerja/buruh yang dapat memicu timbulnya permasalahan hubungan industrial. Konflik semacam ini sering dikenal dengan istilah perselisihan hubungan industrial. Dalam hal ini, pemerintah diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang baik pada sektor industrial. Sehingga dapat menyelesaikan konflik atau persoalan yang terjadi dalam hubungan industrial atau meminimalisir konflik yang akan terjadi, dengan menghubungkan pada Dinas terkait yang berhubungan pada sektor ketenagakerjaan. Dimana dinas tersebut berwenang dan memiliki hak dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial. Dalam hal ini Dinas yang bertanggung jawab dalam hubungan ketenagakerjaan di Kabupaten Pasuruan adalah Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan. Serta diperlukan upaya dan dukungan untuk menyelesaikan perselisihan/konflik hubungan industrial demi kelangsungan usaha perusahaan, kelangsungan hidup pekerja dan keluarganya, serta stabilitas perekonomian nasional. Penulisan tesis ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menganalisis manajeman konflik dalam proses penyelesaian perselisihan yang terjadi dalam Hubungan Industrial di Kabupaten Pasuruan, 2) mendeskripsikan dan menganalisis peran Dinas Tenaga Kerja dalam menyelesaikan hubungan industrial di Kabupaten Pasuruan dalam perspektif Manajemen Konflik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus pada penelitian ini yaitu mengacu pada: 1) konflik dalam proses penyelesaian permasalahan Hubungan Industrial (Studi pada Bidang Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan): a) jenis-jenis Hubungan Industrial di Kabupaten Pasuruan.b) jenis-jenis konflik/permasalahan hubungan industrial di Kabupaten Pasuruan,c) faktor-faktor terjadinya konflik/permasalahan hubungan industrial di Kabupaten Pasuruan, d) proses penyelesaian permasalahan hubungan industrial di Kabupaten Pasuruan.2)Peran Dinas Tenaga Kerja dalam penyelesaian permasalahan/konflik Hubungan Industrial di Kabupaten Pasuruan dalam perspektif Manajemen Konflik: a) Hubungan Industrial di Kabupaten Pasuruan, b) Peran Dinas Tenaga Kerja dalam Hubungan Industrial di Kabupaten Pasuruan dalam Peraturan Bupati Kabupaten Pasuruan No. 5 Tahun 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari Dinas Tenaga Kerja dalam proses penyelesaian permasalahan/konflik hubungan industrial adalah memberikan fasilitas mediasi melalui mediator, serta memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh dan pengusaha. Sedangkan jika dilihat berdasarkan Model penanganan konflik Afzalur Rahman yang terdiri dari 5 tahapan model penyelesaian yakni, mengintegrasikan, membantu, mendominasikan, menghindarkan, dan mengkompromikan, tetapi dalam penyelesaian konflik hubungan industrial di Kabupaten Pasuruan hanya melalui 3 tahapan model saja, yakni mengintegrasikan, membantu dan mengkompromikan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.405 3/DHU/m/2019/042002799
Uncontrolled Keywords: Manajemen Konflik, Hubungan Industrial, Penyelesaian Permasalahan Hubungan industrial
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.405 Negotiation, conclic management, crisis management, contracting out
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:29
Last Modified: 23 Sep 2022 01:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194664
[thumbnail of Firdausi Dhulhijjahyani.pdf] Text
Firdausi Dhulhijjahyani.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item