Model Predator Prey Leslie- Gower dengan Stage-Structure. Fungsi Respon Beddington-DeAngelis, dan Perilaku Anti-Predator

Salamah, Umu and Prof.Dr. Agus Suryanto, M.Sc. and Dr.Dra. Wuryansari Muharini K, M.Sc. (2018) Model Predator Prey Leslie- Gower dengan Stage-Structure. Fungsi Respon Beddington-DeAngelis, dan Perilaku Anti-Predator. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tesis ini dibahas model predator-prey Leslie-Gower dengan stage-structure pada predator. Oleh karena itu, populasi predator dibagi menjadi dua subpopulasi, yaitu predator muda dan predator dewasa. Diasumsikan bahwa hanya predator dewasa yang memiliki kemampuan untuk bereproduksi dan menyerang prey dengan fungsi respon Beddington-DeAngelis. Perilaku antipredator juga dipertimbangkan dalam model ini, yang mengindikasikan adanya kemungkinan predator muda untuk diserang oleh prey. Pada model ini dilakukan analisis dinamik yang meliputi penentuan titik kesetimbangan dan syarat eksistensinya, analisis kestabilan lokal titik kesetimbangan, dan analisis bifurkasi Hopf. Hasil analisis memperlihatkan bahwa terdapat empat titik kesetimbangan, yaitu titik kepunahan semua populasi, titik kepunahan populasi prey, titik kepunahan populasi predator, dan titik kesetimbangan interior. Titik kepunahan semua populasi dan titik kepunahan populasi prey selalu eksis, sementara titik kepunahan populasi predator dan titik kesetimbangan interior eksis dengan memenuhi kondisi tertentu. Titik kepunahan semua populasi bersifat tidak stabil, sementara tiga titik kesetimbangan lainnya stabil asimtotik lokal dengan beberapa syarat. Bifurkasi Hopf terjadi di sekitar titik kesetimbangan interior ketika nilai parameter laju konversi predator muda menjadi predator dewasa berubah di sekitar nilai kritisnya. Beberapa simulasi numerik dilakukan untuk mendukung hasil analisis.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/511.8/SAL/m/2018/041901096
Uncontrolled Keywords: model predator-prey, stage-structure, fungsi respon Beddington- DeAngelis, anti-predator, analisis dinamik, bifurkasi Hopf.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.8 Mathematical models (Mathematical simulation)
Divisions: S2/S3 > Magister Matematika, Fakultas MIPA
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:21
Last Modified: 23 Sep 2022 01:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194661
[thumbnail of Umu Salamah.pdf] Text
Umu Salamah.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item