Analisis Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, Tenaga Kerja Dan Pembiayaan Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Studi Pada Debitur Pt. Bank Bri Syariah Kantor Cabang Malang Soetta)

Samudra, Putri Yuniarwati and Farah Wulandari Pangestuty,, SE., ME. (2020) Analisis Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, Tenaga Kerja Dan Pembiayaan Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Studi Pada Debitur Pt. Bank Bri Syariah Kantor Cabang Malang Soetta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian yang menjadi perhatian penting pemerintah dan juga masyarakat secara luas dikarenakan UMKM memiliki peran yang penting. Tidak hanya itu saja UMKM menjadi suatu cara lain untuk membuka lapangan kerja. UMKM menjadi salah satu cara dalam menanggulagi permasalahan kemiskinan dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain dari besarnya total UMKM yang tersebar di Indonesia,UMKM juga memiliki sumbangsih yang sangat besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Peran besar yang dimiliki oleh sektor UMKM tersebut dibuktikan dengan besarnya kontribusi sektor UMKM terhadap PDB di Indonesia. Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah sudah memberikan manfaat begitu besar dalam memberikan sumbangan hasil untuk daerah ataupun pendapatan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh modal awal, lama usaha, tenaga kerja dan pembiayaan terhadap tingkat perkembangan UMKM pada debitur PT. Bri Syariah Kantor Cabang Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Modal Awal, Lama Usaha, Tenaga Kerja dan Pembiayaan berpengaruh dan signifikan terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020117
Uncontrolled Keywords: Modal Awal, Lama Usaha, Tenaga Kerja, Pembiayaan dan Perkembangan UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:15
Last Modified: 22 Sep 2022 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194640
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
+ PUTRI YUNIARWATI SAMUDRA (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item