Institusionalisasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Risky, Firman Rato and Prof. Gugus Irianto, SE., MSA., Ak., Ph.D. and Imam Subekti, SE., M.Si., Ak., Ph.D. (2020) Institusionalisasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap secara dinamis institusionalisasi dan implikasi kebijakan transaksi non tunai di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Masuknya nilai-nilai baru kedalam sebuah organisasi menuntun peneliti menggunakan New Institusional Sociology sebagai alat analisis dan interpretasi data dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan, besarnya potensi kebocoran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah menjadi urgensi penerapan kebijakan transaksi non tunai. Konsekuensinya, seluruh pos penerimaan dan pengeluaran diganti dengan sistem perbankan. Selanjutnya, terdapat gejala institutional isomorphism dalam upaya melembagakan transaksi non tunai yang didominasi oleh normative isomorphism dan coercive isomorphism berupa komitmen pemimpin daerah (Gubernur) sebagai katalisator utama dan peran-peran profesional dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah serta Bank DKI Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi pelopor implementasi transakasi non tunai pada pemerintah daerah di Indonesia, karena penerapannya jauh sebelum adanya peraturan dari Pemerintah Pusat. Realitas ini menunjukkan tidak adanya gejala mimetic isomorphism. Selain itu, peraktik decoupling juga terjadi, namun tidak berlangsung lama seiring meningkatnya pemahaman semua pihak. Implikasi lainnya, transaksi non tunai dapat memangkas budaya penyebab fraud serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.460 68/RIS/i/2020/042001964
Uncontrolled Keywords: Transaksi Non Tunai, New Institutional Sociology, Normatif Isomorphism, Coercive Isomorphism, Mimetic Isomorphism, Decoupling.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.4 Money > 332.46 Monetary policy
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:02
Last Modified: 22 Sep 2022 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194604
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Firman Rato Risky.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item