Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembayaran Wakaf Secara Online (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Baqi, Muhammad Salman and Dr. Sri Muljaningsih,, SE., MSP. (2020) Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembayaran Wakaf Secara Online (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wakaf merupakan salah satu bentuk kegiatan ibadah yang sangat dianjurkan karena akan selalu mengalirkan pahala bagi orang yang berwakaf. Seiring dengan perkembangan teknologi, permasalahan wakaf uang di Indonesia mendapatkan titik terang yakni dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja berbasis online. Tetapi, perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang keberterimaannya oleh masyarakat khususnya mahasiswa. Keberterimaan mahasiswa terhadap wakaf online tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, pengetahuan, religiusitas, dan akses informasi. Penelitian ini bertujuan melihat keterkaitan faktor-faktor tersebut dalam mempengaruhi keberterimaan mahasiswa terhadap wakaf online. Secara khusus, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh faktor persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, pengetahuan, religiusitas, dan akses informasi dalam mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap pembayaran wakaf secara online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data primer melalui kuesioner yang telah dibagikan dan diisi oleh sejumlah responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan melihat hubungan dari inner model dan outer model. Penelitian ini menganalisis bentuk dari inner model dan outer model yang diolah menggunakan SMART-PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan tingkat pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keberterimaan wakaf online. Sedangkan variabel tingkat religiusitas dan akses informasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keberterimaan wakaf online.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020110
Uncontrolled Keywords: Wakaf, Wakaf Online. Partial Least Square
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:57
Last Modified: 22 Sep 2022 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194602
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
+ Muhammad Salman Baqi (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item