An Analysis Of Internal And External Influences On The Purchase Of Luxury Fashion Goods In Indonesia

Yusman, Derin Audia and Dr.rer.pol. Wildan Syafitri,, SE.,MEc. (2020) An Analysis Of Internal And External Influences On The Purchase Of Luxury Fashion Goods In Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh internal dan eksternal terhadap niat beli konsumen dan perilaku barang fashion mewah. Variabel tersebut terdiri dari motivasi dan materialisme sebagai pengaruh internal, dan media sosial sebagai pengaruh eksternal. Responden adalah masyarakat Indonesia dalam kelompok usia milenial (20-40 tahun) yang setidaknya pernah membeli barang fashion mewah dua kali dalam dua tahun terakhir. Sampel penelitian adalah 112 responden yang mengisi kuesioner online. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik bola salju. Data tersebut berjalan pada versi SmartPLS 2.0 dan mencoba membuktikan keempat hipotesis yang dibuat oleh penulis. Analisis data dilakukan baik dalam pengujian model luar dan dalam. Melalui SmartPLS, penulis dapat mengetahui validitas, reliabilitas, dan hubungan antar variabel dalam penelitian ini. Tanggapan juga dianalisis menggunakan uji-t dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, materialisme, dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen barang fashion mewah di Indonesia. Selain itu, niat beli juga merupakan prediktor signifikan dari perilaku pembelian. Hasil ini menyarankan perusahaan untuk melakukan penelitian yang lebih baik dan memahami karakteristik internal pelanggannya sehingga niat dan perilaku pembelian menjadi lebih baik. Perusahaan fashion juga perlu lebih menjaga dan meningkatkan citra merek dan kualitas promosi produknya, khususnya di media sosial, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli. Atas dasar itulah, konsep barang fashion mewah juga dapat menjadi pertimbangan ketika mempelajari perilaku pembelian impulsif konsumen.

English Abstract

This research aimed to analyze the internal and external influences on consumer purchase intentions and behavior of luxury fashion goods. The variables consists of motivation and materialism as internal influences, and social media as external influence. The respondents are Indonesian people in the millennial age (20-40 years) who have bought luxury fashion goods at least twice in the past two years. The research sample was 112 respondents who filled the online questionnaire. The sampling method used in this research is nonprobability sampling with snowball techniques. The data run on the SmartPLS 2.0 version and tried to prove the four hypotheses made by the author. Data analysis was carried out in both outer and inner model testing. Through SmartPLS, the author found the validity, reliability, and relationship between variables in this research. Responses were also analyzed using a two- sample t-test. The results showed that motivation, materialism, and social media have a significant influence on consumer purchase intentions of luxury fashion goods in Indonesia. In addition, purchase intention is also a significant predictor of purchasing behavior. These results suggest companies to do better research and understand the internal characteristics of their customers so that purchase intention and behavior will be better. Fashion companies also need to further maintain and improve their brand image and product promotion quality, especially on social media, since the resuls showed that social media variable has a significant influence on purchase intentions. On this basis, the concept of luxury fashion goods also can be taken into account when studying consumers’ impulsive buying behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020093
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Materialisme, Media Sosial, Niat Pembelian, Tingkah Laku Pembelian, Milennial, Barang Mewah, Mode, Motivation, Materialism, Social Media, Purchase Intention, Purchase Behaviour, Millennial, Luxury Goods, Fashion
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:00
Last Modified: 21 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194494
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
+ DERIN AUDIA YUSMAN (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item