Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jogja Smart Service.

Lathifah, Rizki and Dr., Drs. Siswidiyanto, - and Dr. Moh. Said, S.Sos., M.AP (2021) Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jogja Smart Service. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik seharusnya memberikan pelayanan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Namun kenyataannya, masih terdapat permasalahan pada pelayanan publik seperti penundaan berlarut, penyimpangan prosedur dan tidak memberikan pelayanan yang hampir terjadi pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Salah satu cara untuk meperbaiki pelayanan publik yaitu melalui electronic government. Permasalahan pada penelitian ini adalah seberapa efektifkah penyelenggaraan pelayanan publik melalui aplikasi Jogja Smart Service di Kota Yogyakarta. Pemerintah telah melakukan berbagai cara sosialisasi namun masih banyak masyarakat Kota Yogyakarta belum mengetahui dan menggunakan aplikasi Jogja Smart Service. Kurangnya sumberdaya programmer juga menjadi kendala pengembanagan aplikasi Jogja Smart Service. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Terdapat dua fokus pada penelitian ini yaitu: (1) Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jogja Smart Service di Kota Yogykarta dengan indikator efektivitas yang terdiri dari tujuan program, sasaran program, sosialisasi program dan pemantauan program dan indikator kualitas pelayanan pubik yang terdiri dari tangibles (terlihat), reliability (kehandalan), responsiveness (tanggap), assurance (kepastian) dan empathy (empati); (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jogja Smart Service di Kota Yogyakarta. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari informan dan observasi serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen. Metode analisis yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana.

English Abstract

The government as a public service provider should provide services in accordance with Law Number 25 of 2009 about Public Services. But in fact, there are still problems with public services such as protracted delays, procedural irregularities and not providing services that almost happen in the central and regional governments. One of the ways to improve public services is through electronic government. The problem in this research is to measure the effectiveness of public service management using Jogja Smart Service application in Yogyakarta City. The government has carried out various ways of socializing but there are a lot of people in Yogyakarta who do not know and use the Jogja Smart Service application yet. Lack of programmer resources is also an obstacle to developing the Jogja Smart Service application. This research using descriptive method with a qualitative approach. There are two focuses in this research, which are: (1) Effectiveness of Public Service Management Using Jogja Smart Service Application in Yogyakarta City with indicators of effectiveness consisting of, achievement of the program, target of the program, socialization program and monitoring program. and indicators of public service quality consisting of tangibles (terlihat), reliability (kehandalan), responsiveness (tanggap), assurance (kepastian) and empathy (empati).); (2) Supporting and Inhibiting Factors for Effectiveness of Public Service Management Using Jogja Smart Service Application in Yogyakarta City. The sources of data in this research are primary data obtained from informants and observations and secondary data obtained from documents. The analytical method used is the interactive model of Miles, Huberman, and Saldana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030376
Uncontrolled Keywords: fektivitas, Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Aplikasi Jogja Smart Service, Effectiveness, Public Service, Quality of Public Service, Jogja Smart Srvice Application.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:32
Last Modified: 21 Sep 2022 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194481
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizki Lathifah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item