Analisis Kesesuaian Implementasi Pembiayaan Murabahah Dengan Fatwa Dsn-Mui (Studi Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya)

Abdillah, Ardi and Dr. Asfi Manzilati,, SE., ME (2020) Analisis Kesesuaian Implementasi Pembiayaan Murabahah Dengan Fatwa Dsn-Mui (Studi Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang kesesuaian implementasi pembiayaan akad murabahah pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya (KPRI-UB) dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).Pendekatan kualitatif Content Analysis digunakan dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembiayaan akad murabahah yang ada pada KPRI-UB. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan antara implementasi pembiayaan akad murabahah pada KPRI-UB dengan fatwa DSN-MUI. Hasil dari pendekatan Content Analysis didapatkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara implementasi pembiayaan akad murabahah di KPRI-UB dengan fatwa DSN-MUI. Bahwa dalam penerapannya melanggar prinsip pembiayaan murabahah. Bisa dikatakan tidak sah karena tidak memenuhi syarat dari jual beli murabahah

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020087
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, Implementasi, Pembiayaan Murabahah, Fatwa DSN-MUI
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:09
Last Modified: 21 Sep 2022 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194474
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
+ Ardi Abdillah (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item