Analisis Pengaruh Harga, Pendapatan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Halal (Studi Pada Wilayah Kota Malang)

Poerbosunyoto, Hakam Hafaris and Arif Hoetoro,, SE., MT., Ph.D. (2020) Analisis Pengaruh Harga, Pendapatan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Halal (Studi Pada Wilayah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia. Tercatat sebanyak 269 juta jiwa manusia tinggal di Indonesia, dengan penduduk muslim mencapai rasio 87% dari total penduduk. Jumlah penduduk yang tinggi ini berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi. Sejak tahun 2010 PDB perkapita Indonesia mencapai $3000 dan terus meningkat setiap tahunnya, sehingga terjadi peningkatan kelas menengah dan daya beli masyarakat pun meningkat. Dari sekian banyak industri, industri kosmetik menjadi salah satu industri yang peningkatannya masif, dengan nilai ekspor mencapai US$ 818 juta dan nilai impor US$ 441 juta. Namun pertumbuhan industri kosmetik yang masif ini harus diwaspadai karena masih banyak ditemukan kosmetik illegal yang beredar di Indonesia. Pada tahun 2018, sebanyak Rp 125 milyar nilai kosmetik illegal masih beredar di Indonesia. Kesadaran masyarakat akan barang yang dikonsumsinya diketahui masih rendah. Masyarakat terlalu mempercayai produsen dan menganggap hidup halal masih sekedar kewajiban, bukan sebagai kebutuhan. Saat ini, kosmetik lokal yang sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI cukup banyak, namun yang terkenal diantaranya adalah Wardah, Mustika Ratu dan Martha Tilaar. Halal disini menyangkut kebijakan perusahaan, manajemen perusahaan, bahan pembuatan kosmetik hingga audit internal yang halal. Maka dari itu penelitian ini meneliti pengaruh variabel Harga, Pendapatan dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Halal. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Harga, Pendapatan dan Religiusitas memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Halal.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020051
Uncontrolled Keywords: Harga, Pendapatan, Religiusitas, Keputusan Pembelian, Kosmetik Illegal, Kosmetik Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:00
Last Modified: 16 Sep 2022 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194320
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- hakam hafaris (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item