Desy, Winda Dwi Nurvia and Dr.Siswidiyanto, MS and M. Chazienul Ulum, S.Sos, M.AP (2020) Manajemen Kurikulum Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa (Studi Pada SMKN Negeri 1 Kalitengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Manajemen kurikulum dalam pembelajaran di sekolah kejuruan merupakan peran penting untuk peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. SMK diharapkan bisa mengubah sistem pendidikan dari pembelajaran secara umum menjadi fokus kepada kompetensi keahlian. Permasalahan SMK masih ditemukan karena tidak cocoknya kurikulum SMK dengan kebutuhan kerja dan kebutuhan industri. Peningkatan kompetensi siswa di SMK perlu ditingkatkan dengan bentuk kerjasama dengan pihak IDUKA atau DUDI guna mensinkronkan kebutuhan pasar kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya peningkatan kompetensi peserta didik di SMKN 1 Kalitengah Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitiannya adalah peneliti sendiri dan beberapa alat penunjang lainnya.
English Abstract
Curriculum management in learning in vocational schools is an important role for improving Indonesian education. It is expected that vocational high school could turn the education system from general learning into a focus on competence. The vocational high school problem is still found because the curriculum of vocational high school is not suitable for work and industrial needs. Increasing student competence in vocational high school needs to be increased by working with IDUKA or DUDI parties in order to sync work market needs. The study aims to find out about efforts to improve the competence of undereducated participants in vocational high school 1 of Kalitengah, Lamongan. The study uses this type of descriptive research with a qualitative approach. The data sources used are primary and secondary data sources. Data collection techniques through observation, interview and documentary. While the instrument of the study is its own researcher and several other instrument supports.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520030273 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Kompetensi Siswa, SMKN 1 Kalitengah, Curriculum Management, Student Competence, SMKN 1 Kalitengah. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 01:23 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 01:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194271 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030306- Winda Dwi Nurvia Desy.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |