Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pelabuhan Berbasis Rapid Rural Appraisal (RRA) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Brondong, Lamongan

Rachel, Farradiba Taufani and Dr. Ir. Darmawan Ockto S, M.Si. and Sunardi, ST, MT (2022) Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pelabuhan Berbasis Rapid Rural Appraisal (RRA) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Brondong, Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong adalah pelabuhan terbesar di Jawa Timur. Hal itu menyebabkan PPN Brondong menjadi sarana dan prasarana perikanan yang penting di Kabupaten Lamongan. Beberapa fasilitas yang tersedia di PPN Brondong sampai saat ini masih belum digunakan dengan baik. Beberapa kegiatan yang terdapat di PPN Brondong juga belum sepenuhnya sesuai dengan aturan yang ada. Terjadinya ketidakteraturan atau kendala dari suatu aktivitas di pelabuhan perikanan dapat menghambat kegiatan yang ada sehingga dapat berdampak kepada pemanfaatan pelabuhan perikanan. Pemanfaatan fasilitas PPN Brondong sangat penting untuk menunjang kegiatan penangkapan ikan di pelabuhan. Fasilitas yang ada di PPN Brondong terdiri dari fasilitas pokok, fasilitas fungsional, dan fasilitas penunjang. Pengetahuan tentang kepelabuhanan dan fasilitas pelabuhan sangat diperlukan untuk mengetahui pentingnya peran pelabuhan dan fasilitas yang ada di dalamnya. Mengetahui sejauh mana tingkat pemanfaatan fasilitas di pelabuhan sangat penting dalam menentukan apakah fasilitas di pelabuhan telah dimanfaatkan secara optimal atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui ukuran fisik tiap fasilitas yang terdapat di PPN Brondong, mengetahui tingkat pemanfaatan untuk fasilitas pokok, dan fasilitas fungsional, dan menyusun alternatif solusi program pemanfaatan fasilitas pelabuhan dengan metode Rapid Rural Appraisal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aspek yang diperlukan serta melakukan wawancara. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan 3 metode yaitu analisis tingkat pemanfaatan fasilitas, analisis skala likert, dan analisis indepth interview. Kondisi fisik fasilitas pokok, fungsional dan penunjang yang ada di PPN Brondong cukup baik dan layak digunakan, hanya saja masih ada beberapa fasilitas yang membutuhkan perbaikan. Beberapa fasilitas di PPN Brondong tingkat pemanfaatannya belum optimal karena kurang dari 100% seperti kolam labuh (99,29%), dermaga (72,89%) ,dan TPI (0%). Sedangkan untuk alur pelayaran tingkat pendayagunaan fasilitas sudah mencapai kondisi optimal (100%). Perlu beberapa alternatif untuk pemecahan solusi terkait dengan permasalahan keamanan TPI, Kebersihan TPI, permasalahan nelayan tidak mendapat tempat bongkar, penggunaan tempat sortir, parkir kendaraan, dan tempat pelelangan ikan yang tidak digunakan seperti fungsinya. Alternatif solusi yang digunakan seperti pemasangan lampu disekitar kapal, melakukan kerjasama dengan pengelola terkait kebersihan TPI, menjaga area sekitar dermaga bongkar untuk mengawasi dan mengatur kegiatan bongkar, melakukan sosialisasi terkait tempat sortir ikan dan memperbaiki tempat sortir dengan bekerja sama dengan pengelola, memberikan peraturan yang jelas terkait parkir kendaraaan, dan mengganti nama TPI menjadi PPDI (Pusat Pendistribusian dan Distribusi Ikan).

English Abstract

Nusantara Fishery Port (PPN) Brondong is the largest port in East Java. This causes PPN Brondong to become an important fishery facility and infrastructure in Lamongan Regency. Some of the existing facilities at Brondong PPN are still not used properly. Some of the activities contained in the Brondong VAT are also not fully in accordance with existing regulations. The occurrence of deviations or obstacles from an activity at a fishing port can hamper existing activities so that it can have an impact on the utilization of the fishing port. Utilization of the Brondong PPN facility is very important to support fishing activities at the port. The existing facilities at Brondong PPN consist of basic facilities, functional facilities, and supporting facilities. Knowledge of ports and port facilities is very necessary to know the importance of the role of ports and the facilities in them. Knowing the extent to which the level of utilization of facilities at the port is very important in determining whether the facilities at the port have been used optimally. The physical condition of the basic, functional and supporting facilities at PPN Brondong is quite good and suitable for use, it's just that there are still some facilities that need improvement. Some of the facilities at Brondong PPN have not optimal utilization rates because they are less than 100%, such as the anchorage pool (99.29%), jetty (72.89%), and TPI (0%). Meanwhile, for shipping lanes, the level of utilization of facilities has reached optimal conditions (100%). Several alternatives are needed for solving solutions related to TPI security problems, TPI cleanliness, the problem of fishermen not getting unloading places, using sorting places, parking vehicles, and fish auction places that are not used like their functions. Alternative solutions are used such as installing lights around the ship, collaborating with managers regarding the cleanliness of the TPI, maintaining the area around the loading dock to supervise and regulate unloading activities, conducting socialization related to fish sorting and repairing the sorting place in collaboration with the manager, providing clear regulations. related to vehicle parking, and changing the name of TPI to PPDI (Fish Landing and Distribution Base).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522080129
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.956 Fishes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:17
Last Modified: 16 Sep 2022 01:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194268
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farradiba Taufani Rachel.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item