Pengaruh Destination Branding Wisata Halal Terhadap Visitor Satisfaction Dan Revisit Intention Wisatawan Di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (Studi Kuantitatif Pada Wisatawan Domestik di Pulau Lombok NTB)

Wibowo, Aditya Tri and Dr Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos., M.Si . and Rachmat Kriyantono, Ph.D. (2019) Pengaruh Destination Branding Wisata Halal Terhadap Visitor Satisfaction Dan Revisit Intention Wisatawan Di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (Studi Kuantitatif Pada Wisatawan Domestik di Pulau Lombok NTB). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh branding destinasi wisata halal terhadap visitor satisfaction dan revisit intention di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi responden dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang berkunjung ke Pulau Lombok. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada 100 responden yaitu wisatawan domestik yang berkunjung ke pulau Lombok dengan tujuan berlibur dan mengetahui destination branding wisata halal pulau Lombok. Lokasi penelitian berada di beberapa tourist spot yang tersebar di seluruh pulau Lombok. Analisis data menggunakan metode analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) branding wisata halal memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung, (2) visitor satisfaction berpengaruh terhadap revisit intention, (3) branding wisata halal berpengaruh terhadap revisit intention melalui visitor satisfaction.

English Abstract

This study aims to examine the influence of halal tourism destination branding on visitors’ satisfaction and revisit intention at Lombok, West Nusa Tenggara Province. This study uses a quantitative explanatory approach. Population of respondent in this study is domestic tourist who are visiting Lombok. The data were obtained using a questionnaire addressed to 100 tourists who visited Lombok for a holiday reason. Analysis of data used Path analysis method. The results of this study are: (1) halal tourism destination branding has a positive influence on visitors’ satisfaction, (2) visitors’ satisfaction directy influences revisit intention, (3) halal tourism destination has a influence on visitors’ revisit intention through visitors’ satisfaction.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.479 1/WIB/p/2019/042001317
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: halal tourism, destination branding, visitor satisfaction, revisit intention.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:30
Last Modified: 13 Sep 2022 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194197
[thumbnail of ADITYA TRI WIBOWO.pdf] Text
ADITYA TRI WIBOWO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item