Analisis Pengaruh Kebutuhan Dari Segi Maqashid Syariah Terhadap Perilaku Konsumsi Jasa Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus Pada Pru Barokah Agency Jakarta

Izzulislam), Yahya and Puspitasari Wahyu Anggraeni,, SE., M.Ec., Dev. (2019) Analisis Pengaruh Kebutuhan Dari Segi Maqashid Syariah Terhadap Perilaku Konsumsi Jasa Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus Pada Pru Barokah Agency Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh kebutuhan dari segi maqashid syariah terhadap perilaku konsumsi jasa asuransi jiwa syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang memiliki program atau produk asuransi syariah di Asuransi Prudential Syariah. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 97 orang dengan metode teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/ angket berjenis skala likert yang kemudian di analisi dengan teknik Analisis Regresi Linear Berganda dari SPSS 18. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan dari segi maqashid syariah hanya kebutuhan agama dan kebutuhan harta saja yang memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumsi jasa asuransi jiwa syariah. Sedangkan untuk kebutuhan jiwa, akal, dan keturunan masih belum memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumsi jasa asuransi jiwa syariah.

English Abstract

This study aims to determine the analysis of the influence of needs in terms of maqashid sharia on consumption behavior of sharia life insurance services. This study uses a quantitative approach. The population in this study are customers who have sharia insurance programs or products in Islamic Prudential Insurance. The sample in this study was taken as many as 97 people with the simple random sampling technique method. Data were collected using a Likert scale questionnaire which was then analyzed using the Multiple Linear Regression Analysis technique from SPSS 18.The results of this study indicate that the needs in terms of maqashid sharia are only religious needs and property needs which have a positive influence on service consumption behavior. Islamic life insurance. Meanwhile, the needs for life, reason, and descent still do not have a positive influence on the consumption behavior of Islamic life insurance services

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0519020016
Uncontrolled Keywords: Maqashid Syariah, Perilaku Konsumsi, Asuransi Syariah, Maqashid Sharia, Consumption Behavior, Sharia Insurance.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:56
Last Modified: 13 Sep 2022 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194169
[thumbnail of YAHYA IZZUL ISLAM.pdf] Text
YAHYA IZZUL ISLAM.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item