Hermawan, Septian Ata and Dr. Dra. Zahro ZA, M.Si (2020) Analisis Biaya Pemasaran Sebagai Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Laba Hasil Penjualan (Studi Kasus Pada Perusahaan UD. Perdana Wates). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Analisis biaya pemasaran perusahaan dalam pasar yang bersifat kompetitif menjadi bagian penting dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Analisis terhadap biaya pemasaran bertujuan untuk menyajikan informasi bagi manajemen untuk penentuan harga pokok produk, pengendalian biaya pemasaran, penentuan biaya pemasaran, dan satuan kegiatan pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui cara menganalisis biaya pemasaran berdasarkan jenis produk pada perusahaan UD. Perdana Wates tahun 2017 – 2019, (2) Mengetahui analisis biaya pemasaran berdasarkan jenis produk sebagai salah satu cara untuk meningkatkan laba hasil penjualan perusahaan. Pendekatan penelitian ini adalah penilitian deskriptif. Teknik yang akan digunakan oleh peneliti dalam penulisan skripsi ini yaitu dokumentasi, yaitu penelitian yang dilakukan dengan jalan mengumpulkan laporan, dokumen- dokumen perusahaan, dan data pendukung sekunder yang ada kaitanya dengan masalah yang akan diteliti dan dibahas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Laporan Laba Rugi, 2) Jenis Biaya Pemasran, dan 3) Dasar Alokasi Biaya. Hasil dari analisis biaya pemasaran menurut jenis produk, dapat diketahui bahwa meningkatnya biaya pemasaran tidak diimbangi dengan meningkatnya laba setelah biaya pemasran dari tahun 2017 hingga tahun 2019. Presentase harga pokok penjualan dan biaya pemasaran memberikan dampak terhadap perubahan pencapaian keuntungan perusahaan. Semakin tinggi presentase harga pokok penjualan, maka laba setelah biaya pemasaran akan mengalami penurunan, demikian pula sebaliknya semakin menurunya harga pokok penjualan maka pencapaian laba setelah biaya pemasaran akan mengalami peningkatan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu UD. Perdana Wates harusnya lebih memperhatikan pada produk yang kurang menjual di pasaran, perlu untuk lebih memperhatikan biaya produksinya, dengan membuat perencanaan biaya produksi secara cermat dan hati-hati dan tetap menjaga kualitas produk-produknya agar tetap bisa bersaing dengan produk-produk lain dari perusahaan-perusahaan sejenis
English Abstract
The analysis of corporate marketing costs in a competitive market is an important part of the overall cost of the company. The analysis of marketing costs aims to provide information for management for product costing, marketing cost control, marketing costing, and marketing activities. The purpose of this researchare (1) To know how to analyze marketing cost based on product type in UD. Perdana Wates year 2017-2019. (2) Knowing the description of information generated in marketing cost analysis based on product type to improve profit after marketing costs of company. The approach of this research is descriptive research. Techniques to be used by researchers in the writing of this thesis is documentation, is research conducted by collecting reports, company documents, and secondary support data that have to do with the problem to be studied and discussed. The focus of research in this thesis is : (1) Income Statement, (2) Type of Marketing Cost, and (3) Basic Cost Allocation. The result of marketing cost analysis by product type, it can be seen that the increase of marketing cost from 2017 until 2019. The result of percentage analysis can be seen that the percentage of sales, cost of goods sold, marketing cost and profit after marketing cost form 2017 to 2019 or all types of products produced are uncertain. Percentage of cost of goods sold and marketing costs have an impact on changes in the achievement of corporate profits. The higher the percentage of cost of goods sold, then the profit after the marketing costs will decrease, and vice versa the decrease in cost of goods sold then the achievement of profit after marketing costs will increase. Suggestion raised in this research are UD. Pedana Wates should pay more attention to products that are less selling in the market, need to pay more attention to the cost of production, by making production cost planning carefully and still maintain and improve the quality of its products in order to remain able to compete with other products from similar companies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 051903 |
Uncontrolled Keywords: | Biaya, Pemasaran, Laba, Cost, Marketing, Products, Profit. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 02:17 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 02:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194114 |
![]() |
Text
0520030270- Septian Ata Hermawan.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |