Bentuk Partisipasi Masyarakat dan Peran Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Malang dalam Pemilu 2019 (Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kota Malang).

Elkhoiri, Muhammad Hamasah and Dr. M.R. Khairul Muluk, S.Sos, M.Si, and Nana Abdul Azis, S.AP, M.AP. (2019) Bentuk Partisipasi Masyarakat dan Peran Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Malang dalam Pemilu 2019 (Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan umum merupakan sebuah upaya untuk melaksanakan konsep negara demokrasi dengan jalan memilih wakil-wakilnya berupa eksekutif maupun legislatif oleh rakyat secara langsung. Dalam pelaksanaan pemilu diperlukan adanya partisipasi masyarakat sebagai tolak ukur dari kesuksesan pemilu tersebut. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat membutuhkan upaya-upaya dari pemerintah dan juga lembaga yang berkecimpung dalam urusan pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum. Sinergi yang baik antara partisipasi masyarakat dengan upaya dari KPU akan membawa keberhasilan dalam proses demokrasi tersebut. Sebagai salah satu bagian dari Negara Indonesia, Kota Malang juga ikut melaksanakan pemilu yang diselenggarakan 5 tahun sekali. Kota Malang merupakan Kota yang bisa dianggap sebagai tolak ukur kesuksesan pemilu, karena Kota Malang memiliki keragaman masyarakat dan jumlah penduduk yang banyak. Dengan berbagai keragaman yang ada, proses pemilu di Kota Malang akan menjadi menarik karena peta kekuatan politiknya bervariasi. Selain itu adanya keragaman tersebut akan memberikan pengaruh dari partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat baik itu partisipasi langsung maupun partisipasi tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti mencoba mendeskripsikan bagaimana partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat serta bagaimana peran yang dilakukan KPU Kota Malang agar proses pemilu di Kota Malang bisa berjalan dengan lancar.

English Abstract

The general election is an effort to implement the concept of a democratic state by directly selecting its representatives in the form of executive and legislative by the people. In the implementation of elections, it is necessary to have public participation as a benchmark for the success of the election. To increase public participation requires the efforts of the government and also institutions involved in electoral matters, namely Komisi Pemilihan Umum. A good synergy between public participation and the efforts of the KPU will bring success in the democratic process. As one part of the State of Indonesia, Malang City also holds elections held once in 5 years. Malang City is a city that can be considered as a benchmark of election success because Malang City has a diversity of people and a large population. With a variety of existing diversity, the election process in Malang will be interesting because the political power map varies. Besides this diversity will have an influence on participation by the community both direct participation and indirect participation. This research uses descriptive method with qualitative approach where researcher tries to describe how participation is carried out by the community as well as how the role carried out by KPU Malang so that the electoral process in Malang can run smoothly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 051903
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pemilihan Umum, KPU, Public Participation, General Elections, KPU.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:11
Last Modified: 08 Sep 2022 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194070
[thumbnail of 0520030267- Muhammad Hamasah Elkhoiri.pdf] Text
0520030267- Muhammad Hamasah Elkhoiri.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item