Sintesis dan Uji Aktivitas Antibakteri Senyawa 1-Alil-3-(4-Klorobenzoil)Tiourea terhadap Bakteri Staphylococcus Aureus ATCC 25923

Savitri, Kadek Devi Arum and apt. Alvan Febrian Shalas, S. Farm., M. Farm. and apt. Bachtiar Rifai P. I, S. Farm., M. Farm. (2020) Sintesis dan Uji Aktivitas Antibakteri Senyawa 1-Alil-3-(4-Klorobenzoil)Tiourea terhadap Bakteri Staphylococcus Aureus ATCC 25923. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyakit infeksi merupakan salah satu penyebab tingginya angka kesakitan (mordibity) dan kematian (mortality) di negara berkembang seperti Indonesia. Infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen yang bersifat sangat dinamis. Salah satu bakteri yang sering menyebabkan infeksi yakni Staphylococcus aureus. Pengembangan senyawa yang memiliki potensi sebagai antibakteri dapat menjadi salah satu solusi. Pendekatan pengembangan antibakteri baru dapat dilakukan dengan menggunakan desain analog baru melalui proses sintesis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan senyawa turunan benzoiltiourea, 1-alil-3-(4-klorobenzoil) tiourea sebagai senyawa penuntun antibakteri baru dan mengetahui aktifitas antibakteri enyawa tersebut terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Proses sintesis dilakukan dengan metode Scoutten Baumann melalui reaksi substitusi nukleofilik. Setelah disintesis dilakukan uji konfirmasi struktur dengan Spektrofotometri UV, Infra-Red, NMR, dan Spektroskopi Massa. Kontrol positif dan negatif yang digunakan yaitu antibiotik gentamisin dan Tween 80 dengan konsentrasi 0,4%. Metode pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode dilusi agar. Hasil penelitian menunjukkan senyawa 1-alil-3-(4-klorobenzoil) tiourea dapat disintesis melalui reaksi substitusi nukleofilik dengan metode Schotten-baumann, namun senyawa 1-alil-3-(4-klorobenzoil) tiourea tidak memiliki aktifitas antibakteri yang lebih baik dibandingan dengan antibiotik gentamisin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520060095
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:47
Last Modified: 01 Sep 2022 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193898
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520060095-Kadek Devi Arum Savitri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item