Hubungan antara Tingkat Kecemasan dengan Strategi Koping Mahasiswa Keperawatan Universitas Brawijaya Pada Sistem Pembelajaran Daring Era Pandemi COVID-19

Rahmah, Siti Avifah and Dr.Retno Lestari,, S.Kep., M.Nurs and Ns.Ike Nesdia Rahmawati,, S.Kep.M.Kep (2022) Hubungan antara Tingkat Kecemasan dengan Strategi Koping Mahasiswa Keperawatan Universitas Brawijaya Pada Sistem Pembelajaran Daring Era Pandemi COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendahulan: Penyebaran dan penularan COVID-19 membuat pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan khusus di seluruh jenjang pendidikan dilakukan secara daring. Perkuliahan daring yang dilakukan selama masa pandemi COVID 19 memberikan dampak bagi kesehatan mental mahasiswa salah satunya adalah kecemasan, kecemasan yang dirasakan adalah khawatir, gelisah, kepala pusing, keringat dingin, nafsu makan terganggu dan respon kecemasan lainya. Hal ini diakibatkan karena kuliah daring membuat mereka kadang kebingungan menghadapai metode daring, kurang paham terkait materi, dan merasa tugas yang diberikan lebih banyak dibandingkan dengan kuliah secara tatap muka. Setiap Individu memiliki cara ataupun strategi koping dalam menyesuaikan dengan kondisi dan adaptasi selama masa daring. Strategi koping dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu koping yang berfokus pada masalah dan koping yang berfokus pada emosi melalui penilaian diri dan kontrol individu. Tujuan: Penelitian ini meneliti hubungan antara tingkat kecemasan dengan strategi koping mahasiswa keperawatan Brawijaya pada sistem pembelajaran daring era pandemi covid-19. Metode: Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif yaitu deskriptif korelatif desain cross sectional. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman. Responden penelitian ini mahasiswa program studi llmu keperawatan kelas reguler Universitas Brawijaya Malang. Hasil: Sebanyak 62 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Skor keccemasan mahasiswa didapatkan tertinggi pada kecemasan ringan 50, 0%, kecemasan normal 43,5%, kecemasan sedang 6,5% tidak ada yang mengalami kecemasan berat. 74, 2 % menggunakan emotional focused coping dan 25, 8% menggunakan problem focused coping. Penggunaan emotional focused coping berhubungan dengan skor kecemasan yang ringan (p = < 0.005). Kesimpulan: Jenis koping yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa keperawatan reguler universitas Brawijaya adalah emotional focused coping dan jenis koping ini berhubungan dengan tingkat kecemasan ringan.

English Abstract

Introduction: The spread and transmission of COVID-19 have forced the Indonesian government to implement particular policies at all levels of education conducted online. Online lectures conducted during the COVID-19 pandemic impact students' mental health, one of which is anxiety. The anxiety felt is the worry, restlessness, headache, cold sweat, disturbed appetite, and other anxiety responses. Online classes sometimes confuse them about online methods, do not understand the material, and feel that the assignments are more complex than face-to-face. Each individual has a way or coping mechanism in adjusting to conditions and adaptations during online times. This study's coping strategies are divided into problem-focused and emotional-focused coping through self-assessment and individual control. Objective: This study examines the relationship between anxiety levels and the coping strategies of Brawijaya nursing students in the online learning system in the era of the covid-19 pandemic. Method: The study used a quantitative research design, namely a descriptive correlative cross-sectional design—data analysis using the Spearman correlation test. The respondents of this study were students of the regular nursing science study program at Brawijaya University, Malang. Results: A total of 62 students participated in this study. The student's anxiety score was highest at 50.0% mild anxiety, 43.5% normal anxiety, and 6.5% moderate anxiety, None of them experienced severe anxiety. 74, 2% used emotional-focused coping, and 25, 8% used problem-focused coping. Emotion-focused coping was associated with a mild anxiety score (p = < 0.005). Conclusion: The coping regular nursing students most widely use at Brawijaya University is emotional-focused coping, and this coping is associated with mild anxiety levels.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522160020
Uncontrolled Keywords: Tingkat kecemasan,strategi koping, pembelajaran daring, pandemi COVID-19.,Anxiety levels, coping strategies, online learning, pandemic COVID-19
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:35
Last Modified: 30 Aug 2022 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193818
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Avifah Rahmah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item