Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha Mebel Di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan

Hibatullah, Muhammad Faisol and Dr.Wahdiyat Moko,, SE., MM. (2022) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha Mebel Di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha pada pemilik usaha mebel. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik usaha mebel yang berada di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan sebanyak 45 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner dan studi perpustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 26.0 for windows. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji T. Untuk mendapatkan koefisien beta dan mengetahui pengaruh antar variabel. Hasil analisis menunjukan bahwa orientasi kewirausahaan (yang terdiri atas indikator sikap proaktif, mengambil risiko, serta antisipatif) dan orientasi pasar (yang terdiri atas informasi pasar, orientasi pelanggan, dan daya tanggap) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja usaha

English Abstract

This research aims to identify the effects of entrepreneurial orientation and market orientation on the performance of furniture companies. The population of this study is 45 furniture business owners in Bukir, an urban village in Pasuruan city. The data was harvested through questionnaires and library research and was analyzed using multiple linear regression in SPSS 26 for Windows. The research instruments were assessed using validity test, reliability test, and classical assumption test. The hypothesis testing was performed using F test and t test, from which beta coefficient and relationship between variables were obtained. This study finds that entrepreneurial orientation (which consists of proactive, risk-taking, and anticipative indicators), market orientation (which consists of market information, customer orientation, and responsiveness) positively and significantly influence business performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020049
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kinerja Usaha, Entrepreneurial orientation, Market orientation, Business performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:47
Last Modified: 30 Aug 2022 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193794
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD FAISOL HIBATULLAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item