Indah, Sri and Brillyanes Sanawiri, S.AB., M.AB, and Aniesa Samira Bafadhal, S.AB., M.BA (2020) Pengaruh Orientasi Merek terhadap Kinerja Merek, serta Efek Kemampuan Inovasi dan Media Sosial sebagai Variabel Moderasi (Survei pada UMKM Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Orientasi Merek terhadap Kinerja Merek. 2) Mengetahui dan menjelaskan Kemampuan Inovasi memoderasi pengaruh Orientasi Merek terhadap Kinerja Merek. 3) Mengetahui dan menjelaskan Kemampuan Media Sosial memoderasi pengaruh Orientasi Merek terhadap Kinerja Merek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Orientasi Merek, Kemampuan Inovasi, Kemampuan Media Sosial, dan Kinerja Merek. Pengumpulan data diperoleh melalui survei dengan penyebaran kuesioner pada UMKM Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Sampel yang digunakan adalah 140 pelaku usaha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan simple random sampling. Analisa yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada orientasi merek terhadap kinerja merek sebesar 0,186. Selain itu, dapat diketahui bahwa kemampuan inovasi dan kemampuan media sosial adalah bukan variabel moderasi dari hubungan orientasi merek terhadap kinerja merek dengan hasil sebesar 0,234 dan 0,243. Berdasarkan hasil penelitian ini, UMKM Kota Malang disarankan untuk terus berusaha meningkatkan kinerja merek dengan tetap menjadikan orientasi merek sebagai salah satu strategi perusahaan, serta tetap membangun kemampuan inovasi dan media sosial karena dua kemampuan ini merupakan strategi yang penting untuk meningkatkan kinerja merek.
English Abstract
This research aims to explain: 1) How Brand Orientation affect Brand Performance. 2) How Moderation Effect Innovation Capabilities of Brand Orientation through Brand Performance 3) How Moderation Effect Social Media Capabilities of Brand Orientation through Brand Performance. This research use explanatory research with quantitative approach. Variables tested on this research are: Brand Orientation, Innovation Capabilities, Social media Capabilities, and Brand Performance. Data were collected through survey by questionnaire distributed to MSMEs based on Creative Industrion of Malang City with 140 respondent sample distributed to MSMEs based on Malang City Creative Industry. The sampling technique used in this research is simple random sampling, also data were analysed by descriptive analysis and inferential analysis. This results of this study indicate that there is a significant effect of brand orientation on brand performance by 0,186. In addition, it can be seen that the innovation and social media capabilities is not a moderating variable of the relationship of brand orientation to brand performance as of 0,234 and 0,243 are the result. Based on the results of this study, Malang MSMEs are advised to continue to improve brand performance while making brand orientation one of the company's strategies, as well as building innovation and social media capabilities because these two capabilities are important strategies to improve brand performance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520030213 |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Merek, Kemampuan Inovasi, Kemampuan Media Sosial, Kinerja Merek, Brand Orientation, Innovation Capabilities, Social Media Capabilities, Brand Performance. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 04:00 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 08:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193711 |
Text
Sri Indah.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |