Pengaruh Motivasi Volunteer Dan Servant Leadership Terhadap Komitmen Organisasional Dengan Mediasi Kepuasan Volunteer (Studi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Universitas Brawijaya)

Mu’ammal, Immanuel and Dodi Wirawan Irawanto,, SE., M.Com., Ph.D, and Prof. Dr. Eka Afnan Troena,, SE. (2018) Pengaruh Motivasi Volunteer Dan Servant Leadership Terhadap Komitmen Organisasional Dengan Mediasi Kepuasan Volunteer (Studi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Universitas Brawijaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UB adalah lembaga kemahasiswaan tempat berhimpunnya para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakulikuler di dalam kampus. UKM merupakan organisasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler kemahasiswaan yang bersifat penalaran, minat dan kegemaran, kesejahteraan, dan minat khusus sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Sebagai organisasi non-profit olahraga yang membutuhkan volunteer maka peneliti memfokuskan penelitian kepada pengaruh motivasi volunteer yang terlibat dan servant leadership yang dilakukan oleh ketua terhadap komitmen organisasional anggota dengan mediasi kepuasan volunteer dalam bekerja. Penelitian ini mengambil UKM yang berfokus di bidang olahraga sebanyak 16 UKM olahraga dengan total 153 responden. Metode yang digunakan adalah pendekatan positivisme dengan metode kuantitatif. Penelitian ini berjenis penelitian explanatory. Selain itu penelitian ini menggunakan metode survei. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa H1 dan H2 yang merupakan hubungan antara motivasi volunteer dengan komitmen afektif dan hubungan antara servant leadership dengan kepuasan volunteer berpengaruh tidak signifikan. Sedangkan H2,H3, dan H4 yang masing-masing merupakan hubungan antara servant leadership dengan komitmen afektif, antara kepuasan volunteer dengan komitmen afektif, dan antara motivasi volunteer dengan kepuasan volunteer berpengaruh signifikan

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/361.37/MUA/p/2018/041803712
Uncontrolled Keywords: Motivasi Volunteer, Servant Leadership, Kepuasan Volunteer, Komitmen Afektif
Subjects: 300 Social sciences > 361 Social problems and services > 361.3 Social work > 361.37 Volunteer social work
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:14
Last Modified: 25 Aug 2022 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193544
[thumbnail of Immanuel Mu’ammal.pdf] Text
Immanuel Mu’ammal.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item