Manajemen Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu)

Sofian, Octa Dwi and Prof. Dr. Sumartono,, MS and Dr. Suryadi,, MS (2018) Manajemen Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fungsi pelayanan dalam pemerintahan adalah sebagai penyedia jasa-jasa pelayanan publik kepada masyarakat secara berkeadilan dan demokratis. Salah satu wujud dari pelayanan adalah dalam bidang administrasi kependudukan. Pelayanan tersebut merupakan pelayanan yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam rangka melayani masyarakat dalam bidang pelayanan administratif kependudukan, sperti pelayanan KTP, Kartu Keluarga, Akta kelahiran dan lain sebagainya yang diselenggarakan untuk menjamin hak dan kebutuhan dasar warga negara. Pelayanan administratif kependudukan sangat vital dalam kehidupan warga karena semuanya menjamin keberadaan, identitas warga dan hak-hak sipil lainnya.Terdapat permasalahan manajerial mulai dari perencanaan bahwa masyarakat belum terlibat dalam menganalisa kebutuhan pelayanan, pengorganisasian bahwa jumlah pegawai tidak disesuaikan dengan kebutuhan pelayanan, pelaksanan bahwa program dan kegiatan sangat sulit untuk mencapai hasil yang di tentukan dan pengawasan bahwa tidak ada standar pengawasan yang jelas. Adapun rumusan masalah yaitu: bagiamanakan manajemen pelayanan dan tantangan dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kota Batu. Serta tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen pelayanan serta tantangan dalam manajemen pelayanan administrasi kependudukan di Kota Batu. Adapun teori yang dugunakan untuk menganalisis permaslahan tersebut meliputi: new public service, fungsi-fungsi manajemen klasik,manajemen publik dan administrasi kependudukan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan studi dokumen serta menggunakan analisa data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian sebagai berikut: Perencanaan meliputi empat aspek penting yaitu indentifikasi permasalahan, penentuan program prioritas, penyusunan rencana strategis dan penyusunan rencana kerja. Pengorganisasian meliputi pembentukan struktur organisasi dan penerapan tugas serta fungsi. Pelaksanaan mencakup mekanisme pelayanan secara manual, mobil keliling dan online. Pengendalian mencakup monitoring dan evaluasi serta riview terhadap rancangan awal rencana kerja.Tantangan dalam manajemen pelayanan meliputi: Kemajuan teknologi sering terjadi loss conection pada jaringan internet. Terbatasnya sarana dan prasarana oleh penyedia layanan : kurangnya perangkat komputer, kapasitas dari mobil keliling dan gudang berkas yang tidak satu lokasi dengan kantor pelayanan. Pengguna pelayanan meliputi: ruang tunggu yang kurang luas, letak toilet yang cukup jauh, tempat duduk yang kurang nyaman, tidak adanya ruang tunggu khusus untuk penyandang dishabilitas dan anak. Serta kurang responsif dari masyarakat dan petugas entry data tingkat desa/kelurahan. Sebagai bahan pertimbangan dan acuan bagi dinas, maka saran-saran yang diberikan sebagai berikut:mengidentifikasi perencanaan dan sasaran secara jelas, pengintegrasian dalam pengorganisasian, networking dan pembenahan sarana dan prasarana pelayanan.

English Abstract

The function of service in government is as a provider of public services to the community in a just and democratic way. One form of service is in the field of population administration. Services in the field of population administration is one of the tasks of the services carried out by the government in order to serve the community which includes the duties and functions in the field of administrative services of population, such as ID cards, Family Card, birth certificate and so forth is a service organized to guarantee the basic rights and needs of citizens country. Population administrative services are vital in the lives of citizens because they guarantee the existence, identity of citizens and other civil rights. There is a problem involving managerial in the implementation of tasks and service functions that have implications on the process of population administration services in Batu City. The formulation of the problem that is: mendamanakan management services and challenges in the service of population administration in Batu City. And the purpose of the research is to analyze and describe the service management and the challenges faced in the management of population administration services in Batu City. The theories used to analyze these issues include: new public services, classic management functions, public management and population administration. The type of this research is descriptive with qualitative approach. With data collection technique from interview, observation, and document study and using qualitative data analysis of interactive model. The results of the study are as follows: Planning includes four important aspects, namely problem identification, priority program determination, strategic plan formulation and work plan development. Organizing involves the establishment of organizational structures and the application of tasks and functions. Implementation includes manual service mechanisms, mobile cars and online. Control includes the monitoring and evaluation and riview of the initial draft of the work plan. Challenges in service management include: Technological advances often occur loss conection on the Internet network. Limited facilities and infrastructure by service providers: lack of computer equipment, capacity of mobile cars and file warehouses that are not a single location with service offices. Users of services include: a less spacious waiting room, the location of the toilet is quite far away, the seating is less comfortable, the absence of a special waiting room for the disabled and children. And less responsive from the community and data entry officers village. As a matter of consideration and reference for the service, the suggestions are given as follows: clearly identifying plans and objectives, integrating in organizing, networking and improving facilities and services infrastructure.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.63/SOF/m/2018/041811237
Uncontrolled Keywords: Manajemen, pelayanan publik dan administrasi kependudukan,Management, public service and population administration.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:31
Last Modified: 23 Aug 2022 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193440
[thumbnail of OCTA DWI SOFIAN.pdf] Text
OCTA DWI SOFIAN.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item