Kajian Pengembangan Angkutan Umum Rute Timur Kabupaten Jombang Dengan Metode Structural Equation Modeling

Mubarok, Rendy Muhammad and Prof. Ir. Ludfi Djakfar,, MSCE, Ph.D (2019) Kajian Pengembangan Angkutan Umum Rute Timur Kabupaten Jombang Dengan Metode Structural Equation Modeling. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas kinerja angkutan umum merupakan faktor yang mempengaruhi keinginan masyarakat untuk menggunakan sistem transportasi umum dari pada menggunakan kendaraan pribadi mereka. Strategi tepat yang dilakukan penyedia jasa angkutan umum bersinergi dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Jombang dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam memilih moda angkutan umum sebagai pilihan utama dalam melakukan pergerakan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kinerja angkutan umum rute timur Kabupaten Jombang saat ini, dan (2) mengetahui indikator dan variabel yang paling mempengaruhi minat masyarakat terhadap angkutan umum Kabupaten Jombang. Pada Kajian ini terdapat 2 (dua) parameter utama yang diukur. Pertama adalah kinerja operasional angkutan umum dan kedua adalah faktor lain yang diindikasikan berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum rute timur di Kabupaten Jombang saat ini. Pengukuran parameter pertama menggunakan 5 (lima) sub parameter kinerja yaitu Waktu Perjalanan, Frekuensi Kendaraan, Faktor Muat (Load factor), Selisih Waktu (Time Headway), dan Kecepatan Kendaraan. Sedangkan pengukuran parameter yang kedua menggunakan unsur pemasaran (Marketing), yang terdiri dari 7 (tujuh) sub parameter yaitu Produk (product), Tarif (price), Distribusi rute (place), Promosi (promotion), Pengemudi (people), Fitur (packaging), dan Proses (process). Data yang berkaitan dengan pengukuran kinerja operasional angkutan diperoleh dari survey dinamis dan survey statis angkutan umum sedangkan data yang terkait dengan pengukuran Minat Pengguna didapatkan dengan Membagikan kuesioner dan wawancara kepada 150 (seratus lima puluh) responden yang pernah menggunakan angkutan umum. Analisis untuk hasil dari survei dinamis dan survai statis dilakukan dengan berpedoman kepada Buku Panduan Pengumpulan Data Angkutan Umum Perkotaan. Analisis terhadap minat menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai alat analisis. PLS merupakan salah satu metode untuk melakukan model Structural Equation Modeling (SEM). Hasil kajian kinerja operasional angkutan umum disimpulkan 4 (empat) trayek studi angkutan umum rute timur kabupaten Jombang memiliki kinerja dalam kriteria buruk. Berdasarkan hasil analisa minat pengguna didapatkan nilai yang memiliki pengaruh tertinggi terhadap minat menggunakan angkutan umum adalah Fitur (koefisien jalur = 0,317) dimana Indikator yang paling berpengaruh adalah perlu diberikan fasilitas AC didalam angkutan umum (loading factor = 0,825). Pengaruh tertinggi kedua adalah Proses (koefisien jalur = 0,294), Indikator yang paling berpengaruh terhadap Proses adalah dengan menerapkan sistem antar jemput penumpang ke lokasi tujuan (loading factor = 0,855). Pengaruh tertinggi ketiga adalah Promosi (koefisien jalur = 0,279) dengan Indikator yang paling berpengaruh adalah masyarakat mendapat informasi melalui sosial media atau situs online bahwa angkutan umum saat ini memiliki kinerja dan pelayanan yang memuaskan. (loading factor = 0,816)

English Abstract

The quality of public transportation performance is a factor that influences citizens' desire to use the public transportation system rather than using their private vehicles. The appropriate strategy carried out by public transportation service providers in synergy with the Transportation Office of Jombang Regency can give a great influence on community decision-making in choosing public transportation mode as the main choice in making movements. The objectives of this study are (1) to find out the performance of public transport in the eastern route of Jombang Regency at this time, and (2) knowing the indicators and variables that most influence people's interest in Jombang Regency public transport. In this study, There are 2 (two) main parameters measured. The First is operational performance of public transport, and The second other factors indicated to influence the interest of the community to use the eastern route of public transportation in Jombang Regency at present. Measurement of the first parameter uses 5 (five) sub performance parameters that are travel time, travel frequency, load factor, headway and Vehicle Speed. While the second parameter measurement uses elements of marketing, which consists of 7 sub parameters that are product, price, place, promotion, people, packaging, and process. Data relating to the measurement of operational performance of transportation is obtained from dynamic surveys and static surveys of public transport while Data related to measuring user interest is obtained by doing distributing questionnaires and Interview to 150 (one hundred and fifty) respondents who have used public transportation. Analysis of the results of dynamic surveys and static surveys is carried out based on the Urban Public Transport Data Collection Handbook. To analyze community interest uses Partial Least Square (PLS) as an analysis tool. PLS is one method to model Structural Equation Modeling (SEM). Based on the results of public transport operational performance, it can be concluded that the performance of 4 (four) routes in the study on east route public transportation in Jombang Regency is categorized as bad. Based on the results of the analysis community interest, the value that has the highest influence on the interest in using public transport is a Packaging (path coefficient = 0.317). where the most influential indicator is AC facilities need to be provided in public transportation (loading factor = 0,825). The second highest influence is in the Process (path coefficient = 0.294), where the best indicator in forming the Process is is to implement a system of picking up passengers to the destination (loading factor = 0,855). The third highest influence is found in the Promotion (path coefficient = 0.279) where the strongest indicator is the public is informed through social media or online sites that public transport currently has satisfactory performance and services. (loading factor = 0,816)

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388/4/FT/k/2019/041903929
Uncontrolled Keywords: Angkutan, Minat, Structural Equation Modeling, Transport, Interest, Structural Equation Modeling
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:30
Last Modified: 23 Aug 2022 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193436
[thumbnail of 17. Tesis Rendy Muhammad - 156060100111019.pdf] Text
17. Tesis Rendy Muhammad - 156060100111019.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item