Analisis Layanan Kesehatan Primer “Andal” Dengan Pendekatan Desain Layanan Pada Poliklinik PG Kebonagung

Sani, Yasir and Ismiarta Akahuranda,, S.T., M.Sc., Ph.D and Herman Tolle,, Dr. Eng., S.T., M. (2018) Analisis Layanan Kesehatan Primer “Andal” Dengan Pendekatan Desain Layanan Pada Poliklinik PG Kebonagung. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsep Model manajemen Layanan Kesehatan Primer “Andal” (LKP Andal) di Indonesia di inisiasi oleh Ikatan Kesehatan Masyarakat Universitas Brawijaya (IKEMAS UB) untuk meyelesaikan permasalahan manajemen pelayanan kesehatan di Indonesia. LKP Andal diujicobakan penerapannya kedalam sebuah organisasi penyedia layanan kesehatan / fasilitas kesehatan tingkat pertama di poliklinik PG Kebonagung, kabupaten malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain layanan untuk menggali permasalahan dan juga memberikan solusi layanan terhadap penerapan LKP Andal dalam sudut pandang TI yang sesuai dengan karakteristik organisasi sebagai penunjang proses penyampaian layanan secara keseluruhan. Hasilnya, dalam penelitian ini berhasil menggali sebanyak 23 permasalahan pokok dari proses penyampaian layanan dan telah disaring menjadi 11 permasalahan yang menjadi fokus pada penelitian ini dengan nilai validasi kebenaran terhadap keberadaan permasalahan sebesar 94,5%. Dari permasalahan tersebut peneliti menghasilkan 4 buah ide solusi layanan yang kemudian divisualisasikan menggunakan Service Journey Modelling Language (SJML) untu mendapatkan gambaran yang lebih detil dan dijadikan bahasa komunikasi baku antar stakeholder. Hasil pengujian visualisasinya menunjukkan bahwa bahasa pemodelan 87.5% benar (aktivitasnya benar adanya dan akan masuk dalam perencanaan pengadaan). Sedangkan untuk selisih konsumsi waktu antara proses penyampaian layanan yang telah berjalan sekarang (as-is) dengan yang direncanakan menggunakan ide solusi layanan (to-be) yang disimulasikan dengan 30 kasus uji yakni sebesar 66 menit (1 jam 6 menit) yang menunjukkan proses model usulan lebih efisien 41.25% dari proses yang sedang berjalan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.12/SAN/a/2018/041807828
Uncontrolled Keywords: Desain Layanan, Layanan Kesehatan, Layanan Kesehatan Primer Andal, SJML, proses penyampaian layanan.
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.12 Clinics and related institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:09
Last Modified: 23 Aug 2022 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193432
[thumbnail of Yasir Sani.pdf] Text
Yasir Sani.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item