Ramadhan, Wahyu and Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo,, MSP and Imma Widyawati Agustin,, ST., MT., Ph.D (2019) Pengaruh Guna Lahan Dan Rencana Jalan Tol Malang-Pandaan Terhadap Kinerja Jalan Di Ruas Jalan Utama Lawang - Singosari. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada negara berkembang, peningkatan perjalanan kendaraan dalam perkotaan yang didominasi kendaraan pribadi dan tidak ditunjang dengan moda transportasi publik serta pengaturan penggunaan lahan sehingga menyebabkan kemacetan. Penurunkan fungsi dan kapasitas jalan diakibatkan oleh volume lalu lintas pada zona bangkitan dan tarikan khususnya perdagangan dan jasa. Perkembangan lahan perdagangan dan jasa pada koridor utama dapat mempengaruhi kinerja jalan. Integrasi permodelan perjalanan dan penggunaan lahan menjadi alat untuk memperkirakan pola penggunaan lahan dan peningkatan volume lalu lintas di masa mendatang. Peningkatan kapasitas jalan dan pembentukan jalan baru sebagai solusi mempertahankan waktu tempuh. Pertumbuhan jaringan transportasi tidak mampu mengimbangi pertumbuhan ekonomi dan guna lahan sehingga terjadi kemacetan atau over capacity. Intensitas kegiatan guna lahan di ruas Jalan Utama Lawang – Singosari yang semakin meningkat, mendorong meningkatnya volume kendaraan menyebabkan waktu tempuh yang bertambah akibat kemacetan. Kebijakan pembangunan Jalan Tol Malang – Pandaan dilakukan dalam upaya mempertahankan waktu tempuh dan peningkatan aksesibilitas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik jaringan jalan dan guna lahan di ruas Jalan Utama Lawang – Singosari, membuat model bangkitan dan tarikan pergerakan akibat guna lahan dan menghitung pengaruh bangkitan dan tarikan guna lahan terhadap kinerja jalan arteri ruas Utama Lawang – Singosari sebelum dan setelah operasional Jalan Tol Malang - Pandaan. Karakteristik guna lahan dan jaringan jalan dianalisis menggunakan analisis karakteristik jaringan jalan dan analisis karakteristik guna lahan, model bangkitan dan tarikan pergerakan akibat guna lahan dianalisis menggunakan analisis arus lalu lintas, analisis korelasi dan analisis regresi linier berganda dan untuk untuk mendapatkan pengaruh guna lahan terhadap kinerja jalan sebelum dan setelah operasional jalan tol menggunakan analisis arus lalu lintas, analisis kapasitas jalan, analisis kinerja jalan, analisis kurva diversi lalu lintas dan analisis pengaruh guna lahan terhadap kinerja jalan sebelum dan setelah operasional jalan tol Malang – Pandaan
English Abstract
n a developing country, the increasing of intercity transportations that are dominated by private vehicles and less public transportation support and the policy of land use can cause congestion. The decreasing of function and road capacity is because of the traffic volume in the attraction and repulsion especially in trading and service. The development of trading and service area in the main corridor can give effect towards the road's level of service. The integration of street modeling and land use becomes the tools to estimate land use’s pattern and the increasing of traffic volume in the future. The increasing road capacity and the formation of a new road can be several solutions to maintain traveled distance. The growth of the transportation network cannot balance the economic growth and land use makes overcapacity exists. The intensity of land use's activities in Lawang – Singosari Street which is increasing, push the increasing of the volume of transportation too which affects more in the traveled distance to cause a traffic jam. The policy of the development of Malang – Pandaan Toll Road was done to maintain travel distance and increase accessibility. The aim of this study is to identify the characteristics of the road network and land use on Lawang - Singosari Road, make a generation and attraction model’s the movement due to land use and calculate it in order to increase the Lawang - Singosari road segment before and after the operation of the Malang - Pandaan Toll Road. Land use characteristics and road network were analyzed using road network analysis and analysis of land use characteristics, generation and attraction models and land use movement withdrawals were analyzed using traffic flow analysis, regression analysis and multiple linear analysis and to obtain land use benefits to support the road before and after operational road using traffic flow analysis, road capacity analysis, road’s level of service analysis, analysis of traffic diversion curves and analysis of land use for road’s level of service before and after the Malang - Pandaan toll road operation.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/388.122/FT/p/2019/041903798 |
Uncontrolled Keywords: | Guna Lahan, Jalan Tol, Kinerja Jalan, Land Use, Toll Road, Road’s Level of Service |
Subjects: | 300 Social sciences > 388 Transportation |
Divisions: | S2/S3 > Magister Perencanaa Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 09:05 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 09:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193396 |
![]() |
Text
WAHYU RAMADHAN.pdf Download (22MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |