Analisis Dampak City Branding”Amazing Blitar” Terhadap Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Blitar (Studi pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Blitar).

Dhari, Retno Wulan and Edriana Pangestuti, S.E.. M.SI, D.B.A (2020) Analisis Dampak City Branding”Amazing Blitar” Terhadap Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Blitar (Studi pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Menjelaskan penerapan city branding di Kabupaten Blitar, 2) Menjelaskan dampak penerapan city branding terhadap kunjungan wisatawan ke Kabupaten Blitar, 3) Menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Kabupaten Blitar dalam penerapan city branding. Teori city branding merupakan teori yang menjelaskan bagaimana implementasi Pemerintah dalam membentuk city branding Kabupaten Blitar. Teori kunjungan wisatawan dapat dilihat dari sebelum dan sesudah adanya city branding yang dapat mempengaruhi minat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang dampak adanya city branding terhadap kunjungan wisatawan ke Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan city branding pada Kabupaten Blitar telah sesuai dengan potensi yang terdapat dari Kabupaten Blitar dan dijadikan sebagai dasar tagline “Amazing Blitar”. City branding Kabupaten Blitar memberikan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan khususnya pada aspek ekonomi. Perekonomian masyarakat meningkat sebagai dampak dari beberapa destinasi wisata yang ada, melalui penjualan kuliner, oleh-oleh khas Kabupaten Blitar maupun dari beberapa event atau festival yang diadakan. Namun hambatan dalam penerapan city branding tetap ditemui dalam pelaksanaannya. Hambatan yang sering terjadi adalah dengan pihak eksternal dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar, hingga saat ini hambatan dapat diminimalisir oleh Pemerintah Kabupaten Blitar dan DISPARBUDPORA melalui komunikasi yang sering dilakukan dengan Dinas lain yang sedang melakukan sebuah event.

English Abstract

vi SUMMARY Retno Wulan Dhari, 2020, City Branding Impact Analysis on Tourist Visits to Blitar Regency (Study at Blitar Regency Tourism, Culture, Youth and Sports Office). The purpose of this study are: 1) Explain the application of city branding in Blitar Regency, 2) Explain the application of city branding impact on tourist visits to Blitar Regency, 3) Explain the obstacles faced by Blitar Regency in implementing city branding. City branding theory is a theory that explains how the Government’s implementation in forming city branding in Blitar Regency. The theory of tourist visits can be seen before and after the city branding can be affect the interest of tourist visits to Blitar Regency. This type of research is descriptive research with qualitative approach. This study describes the impact of the city branding on tourist visits to Blitar Regency. This research was conducted at the Blitar Regency Tourism, Culture, Youth and Sports Office. The results showed that the application of city branding in Blitar District was in accordance with the potential contained in Blitar District and was used as the basis for the tagline "Amazing Blitar". Blitar City branding has an impact on various aspects of life, especially on economic aspects. The community's economy has improved as a result of several existing tourist destinations, through culinary sales, souvenirs typical of Blitar Regency and from several events or festivals held. However, obstacles in implementing city branding are still found in its implementation. The obstacles that often occur are with external parties from the Department of Tourism Culture of Youth and Sports in Blitar Regency, furthermore the obstacles can be minimized by the Blitar Regency Government and DISPARBUDPORA through communication that is often done with other Departments that are conducting an event.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030198
Uncontrolled Keywords: City Branding, Kunjungan Wisatawan, City Branding, Tourist Visits.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:33
Last Modified: 19 Aug 2022 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193357
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030203- Retno Wulan Dhari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item