Studi Fenomenologi tentang Good Pesantren Governance di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo.

Fitriana, Annisa and Prof. Gugus Irianto,, SE., Ak., Ph. D, and Dr. Aji Dedi Mulawarman,, SP., MSA (2016) Studi Fenomenologi tentang Good Pesantren Governance di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai makna nilai-nilai keislaman untuk tercapainya kesuksesan dalam Tata Kelola Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo. Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap realitas keunikan PMDG sebagai lembaga pendidikan Islam yang mengintegrasi sistem modern (yang mengutamakan wawasan intelektualitas) dan boarding school (yang menonjol dengan mental attitude) yang telah membuktikan eksistensinya dari tahun 1926 hingga saat ini. Pekerjaan yang bukan hanya sekedar memenej kegiatan belajar-mengajar di ruang sekolah tetapi juga menyangkut manajemen kegiatan-kegiatan di asrama dan di lingkungan pondok secara keseluruhan ini mengharuskan nilai-nilai pesantren ditanamkan dan dapat dipertahankan dengan baik, Penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi Islam yang memiliki motivasi untuk mengintegrasikan ilmu kauliyah (agama) dan ilmu kauniyah (empiris). Hasil penelitian menemukan nilai-nilai yang tertanam dalam kehidupan pondok di PMDG yaitu : 1). Nilai Ibadah, 2) Nilai dalam Panca Jiwa yaitu Jiwa Keikhlasan, Jiwa Kesederhanaan, Jiwa Berdikari, Jiwa Ukhuwah Islamiyah, Jiwa Bebas, 3) Wakaf yang menjadi symbol bahwa pondok merupakan milik ummat sehingga seluruh umat juga memiliki sense of belonging yang tinggi terhadap pondok. 4) Ulama yang Intelek yang mencerminkan “identitas” PMDG dalam proses pembangunan pendidikannya menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang lengkap (syamil) dan sempurna (kamil) sehingga harus dibangun dengan 100%agama dan 100% umum.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/371.077/FIT/s/2016/041810029
Uncontrolled Keywords: Good Pesantren Governance, Ibadah, Jiwa Keikhlasan, Jiwa Kesederhanaan, Jiwa Berdikari, Jiwa Ukhuwah Islamiyah, Jiwa Bebas, Wakaf, Ulama
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2022 01:41
Last Modified: 19 Aug 2022 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193346
[thumbnail of Annisa Fitriana.pdf] Text
Annisa Fitriana.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item