Kearifan Lokal Dan Penguatan Ekonomi Keluarga Dalam Upaya Bertahan Hidup (Studi Kasus Nelayan Tradisional Desa Tambak Cemandi Kabupaten Sidoarjo)

Sugiarti, Titin (2018) Kearifan Lokal Dan Penguatan Ekonomi Keluarga Dalam Upaya Bertahan Hidup (Studi Kasus Nelayan Tradisional Desa Tambak Cemandi Kabupaten Sidoarjo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan hasil temuan yang telah diperoleh peneliti sesuai dengan fokus penelitian mengenai potret kearifan lokal masyarakat nelayan Desa Tambak Cemandi meliputi tradisi ritual petik laut, kalender musim ikan, dan sikap kekeluargaan dan gotong royong merupakan sebuah sistem sosial budaya yang telah tertanam sampai saat ini oleh warga setempat. Kearifan lokal tersebut menjadi salah satu latarbelakang alamiah yang juga mendukung keberlangsungan aktivitas ekonomi masyarakat disana dalam mempertahankan hidup. Terlihat dari tradisi ritual petik laut yang dilaksanakan setiap bulan ruwah dalam penanggalan jawa sebagai perwujudan bentuk rasa syukur masyarakat nelayan kepada Sang Pencipta yang telah memberikan alam sebagai sumber penghidupan. Kearifan lokal ritual petik laut diyakini oleh masyarakat setempat mampu memberikan berkah dalam memaksimalkan hasil tangkapan laut. Dari hasil tangkapan tersebut mampu mendorong perekonomi para keluarga nelayan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Begitu pula pengetahuan lokal mengenai kalender musim ikan yang diperoleh dari aktivitas keseharian merupakan bentuk pengetahuan yang diyakini sebagai pedoman ketika musim ikan datang.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/306.85/SUG/k/2018/041808825
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.8 Marriage and family > 306.85 Family
Divisions: S2/S3 > Magister Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:03
Last Modified: 16 Aug 2022 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193274
[thumbnail of TITIN SUGIARTI.pdf] Text
TITIN SUGIARTI.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item