Pengaruh aplikasi panduan pertolongan pertama terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa tentang First Aid dengan menggunakan pendekatan Health Belief Model Theory pada Siswa SMP 2 Negeri Jember

Ekaprasetia, Feri and Dr. dr. Setyawati Soeharto,, M.Kes and Ns. Heri Kristianto,, M.Kep.,Sp.Kep.MB (2018) Pengaruh aplikasi panduan pertolongan pertama terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa tentang First Aid dengan menggunakan pendekatan Health Belief Model Theory pada Siswa SMP 2 Negeri Jember. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang Kejadian cidera menjadi permasalah tersendiri dalam dunia kesehatan yang dapat menyebabkan morbiditas bahkan mortalitas. Hal ini disebabkan karena kurangnya pendidikan tentang pertolongan pertama dan pemahaman konsep tentang bahaya. Solusinya adalah memberikan pendidikan first aid sedini mungkin. Tujuan Menganalisis perbedaan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa tentang first aid dengan pendekatan health belief model theory yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi first aid guideline (F,A,G) Metode Desain penelitian menggunakan true experiment dengan menggunakan kelompok kontrol dan eksperimen. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Jember. Jumlah responden sebanyak 120 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan dua kelompok. Analisis data menggunakan uji t independent. Hasil Analisis statistik menggunakan uji t independen. Pada variabel pengetahuan didapatkan hasil bahwa nilai p = 0,008 yang artinya terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah mendapatkan pendidikan first aid dengan menggunakan aplikasi Panduan Pertolongan Pertama. Pada variabel sikap didapatkan hasil bahwa nilai p = 0,023 yang artinya terdapat peningkatan sikap yang signifikan setelah mendapatkan pendidikan first aid dengan menggunakan aplikasi Panduan Pertolongan Pertama. Pada variabel keterampilan didapatkan hasil bahwa nilai p = 0,035 yang artinya terdapat peningkatan keterampilan yang signifikan setelah mendapatkan pendidikan first aid dengan menggunakan aplikasi Panduan Pertolongan Pertama. Kesimpulan Kesimpulan dari penelitian ini adalah baik pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi terdapat peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang first aid. Akan tetapi pada kelompok intervensi yaitu kelompok yang diberikan pendidikan first aid dengan menggunakan aplikasi Panduan Pertolongan Pertama mempunyai selisih nilai yang tinggi jika dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberi pendidikan first aid dengan metode tradisional.

English Abstract

Background Injury incidents become a problem in the health world that can cause morbidity and even mortality. This is due to a lack of education on first aid and understanding of concepts of danger. The solution is to provide first aid education as early as possible. Purpose Analyzing the difference of students' knowledge, attitude and skill improvement about first aid with health belief model theory approach which is done by using first aid guideline application Panduan Pertolongan Pertama Methode The study design used true experiment using control and experimental group. Research location in SMP Negeri 2 Jember. The number of respondents was 120 respondents taken by purposive sampling technique with two groups. Data analysis using independent t test. Results Statistical analysis using independent t test. In the variables of knowledge obtained the result that the value p = 0.008 which means there is a significant increase of knowledge after getting first aid education by using the application of Panduan Pertolongan Pertama. In attitude variable got result that p value = 0,023 meaning that there is significant attitude improvement after got first aid education by using application of Panduan Pertolongan Pertama. In skill variable, it is found that p value = 0,035 meaning that there is significant skill improvement after getting first aid education by applying Panduan Pertolongan Pertama application. Conclusion The conclusions of this study were both in the control group and in the intervention group there was an increase in knowledge, attitude and skills on first aid. In the intervention group, however, the group given first aid education usingPanduan Pertolongan Pertama application had a high value difference when compared to the control group who were given first aid education with the traditional method.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.025.2/EKA/p/2018/041806193
Uncontrolled Keywords: Pendidikan first aid, mobile application, tradisional,first aid education, mobile application, traditional
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.02 Special topics of disease > 616.025 Medical emergencies / Emergency medicine / Emergency nursing / Triage (Medicine)
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:08
Last Modified: 09 Aug 2022 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193078
[thumbnail of Feri Ekaprasetia.pdf] Text
Feri Ekaprasetia.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item