Pengaruh Entrepreneurial Orientation, Customer Orientation, Dan Knowledge Sharing Terhadap Innovation Capability Dan Kinerja Usaha (Studi Pada Umk Berbasis Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi)

Fauzen, Ahmad (2018) Pengaruh Entrepreneurial Orientation, Customer Orientation, Dan Knowledge Sharing Terhadap Innovation Capability Dan Kinerja Usaha (Studi Pada Umk Berbasis Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi konsumen, berbagi pengetahuan terhadap kemampuan berinovasi dan kinerja usaha pada UMK berbasis wisata di Kabupaten Banyuwangi. UMK mempunyai peranan penting untuk meningkatkan orientasi kewirausahaan sehingga dapat meningkatkan kemampuan berinovasi dan dampaknya kinerja usaha juga dapat meningkat. Pada penelitian ini juga menekankan pada orientasi konsumen dan berbagi pengetahuan antar UMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dan pendekatan secara kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 responden yang merupakan UMK berbasis pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Kuesioner digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara semua variabel signifikan. Ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dapat mempengaruhi pasar dengan berfokus pada orientasi konsumen, berbagi pengetahuan antar UMKM sehingga menciptakan kemampuan berinovasi sehingga dampaknya pada meningkatkan kinerja usaha pada UMKM berbasis wisata di Kabupaten Banyuwangi.

English Abstract

This study aims to determine the effect of entrepreneurial orientation, consumer orientation, knowledge sharing on the innovation capability and business performance in tourism-based SMEs in Banyuwangi Regency. SMEs have an important role to improve entrepreneurial orientation so that they can improve their innovation ability and the impact that business performance can also increase. In this study also emphasizes on consumer orientation and knowledge sharing among SMEs. The type of research used is explanatory research using explanatory hypothesis and quantitative approaches. The number of samples in this study amounted to 94 respondents who are tourism-based SMEs in Banyuwangi Regency. The questionnaire was used in this study as a data collection technique. The data analysis technique used was descriptive statistics and analysis of Partial Least Square (PLS). The results of the analysis show that there is a significant effect between all significant variables. This shows that entrepreneurial orientation can influence the market by focusing on consumer orientation, sharing knowledge between SMEs so as to create innovative capabilities so that the impact on improving business performance in tourism- based SMEs in Banyuwangi Regency

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.421/FAU/p/2018/041902070
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurial Orientation, Customer Orientation, Knowledge Sharing, Innovation Capability, Kinerja Usaha.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.42 Top management > 658.421 Entrepreneurial management
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:05
Last Modified: 08 Aug 2022 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193038
[thumbnail of AHMAD FAUZEN.pdf] Text
AHMAD FAUZEN.pdf

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item