Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ayam Potong Di Pasar Induk Larangan Sidoarjo Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Pasar Induk Larangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo)

Mustakim, Arzy Jusuf Taruna and Dr. Siti Azizah, S.Pt., M.Sos., M.Commun (2021) Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ayam Potong Di Pasar Induk Larangan Sidoarjo Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Pasar Induk Larangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ayam potong (broilers) merupakan salah satu komoditi unggas yang memberikan kontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan protein hewani bagi masyarakat Indonesia. Ayam potong adalah jenis ternak unggas yang memiliki laju pertumbuhan yang sangat cepat, karena dapat dipanen pada umur 5 minggu. Keunggulan ayam potong didukung oleh sifat genetik dan keadaan lingkungan yang meliputi makanan, temperatur lingkungan, dan pemeliharaan. Kebutuhan daging ayam setiap tahunnya mengalami peningkatan. Penjualan ayam potong di Pasar Induk Larangan sebelum PSBB mencapain 275 ekor/hari dan setelah PSBB menjadi turun menjadi 175 ekor/hari sehingga mengalami penurunan rata-rata sebesar 36,3%. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh adanya bauran pemasaran dan PSBB terhadap keputusan pembelian ayam potong di Pasar Induk Larangan Sidoarjo; 2) mengetahui pengaruh minat pembelian terhadap keputusan konsumen untuk membeli ayam potong di Pasar Induk Larangan Sidoarjo. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 September hingga 14 November 2021 di Pasar Induk Larangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan alat bantu kuesioner dalam proses pengambilan data dengan sampel sebanyak 78 responden yang diperoleh menggunakan metode accidental sampling dengan kriteria pembeli ayam potong di Pasar Induk Larangan yang memiliki usia remaja hingga dewasa. Data hasil penelitian dilakukan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan pengujian menggunakan uji F secara simultan atau bersama-sama disimpulkan bahwa bauran pemasaran (X1), PSBB (X2) dan minat pembelian (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan dengan uji T atau uji secara parsial disimpulkan bahwa bauran pemasaran (X1) dan PSBB (X2) secara parsial tidak berpengaruhh signifikan terhadap keputusan pembelian ayam potong di Pasar Induk Larangan Sidoarjo sedangkan minat pembelian (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ayam potong di Pasar Induk Larangan Sidoarjo. Kesimpulan pada penelitian ini adalah PSBB berdampak pada pembatasan jumlah pengunjung di Pasar Induk Larangan, menyebabkan berkurangnya waktu dan kebebasan konsumen untuk berbelanja serta penurunan kuantitas penjualan ayam potong sebesar 36,3% sesuai dengan pemaparan pedagang ayam potong di Pasar Induk Larangan Sidoarjo. Dalam penelitian ini keputusan pembelian lebih banyak dipengaruhi oleh minat pembelian. Hal ini dapat dikarenakan penjual ayam potong di Pasar Induk Larangan Sidoarjo mampu menjaga kesegaran ayam potong, kebersaingan harga dengan tempat penjualan ayam potong lain, ketersediaan ayam potong, dan rekomendasi olahan ayam potong. Sehingga konsumen ayam potong akan memiliki ketertarikan untuk membeli produk ayam potong di Pasar Induk Larangan. Penelitian ini merekomendasikan penjual ayam potong di Pasar Induk Larangan mulai mempertimbangkan berjualan melalui metode yang lain dapat melalui pesan antar, online shop, ataupun berkeliling komplek perumahan untuk menjemput pembeli secara langsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050358
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:09
Last Modified: 08 Aug 2022 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193031
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ARZY JUSUF TARUNA MUSTAKIM.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item