Analisa Indeks Daya Dukung dan Daya Tampung Hijauan Untuk Mencukupi Kebutuhan Pakan Ternak Kambing PE di Desa Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang

Mashudi, Dian Heru Tommy and Dr. Ir. Hermanto, MP (2022) Analisa Indeks Daya Dukung dan Daya Tampung Hijauan Untuk Mencukupi Kebutuhan Pakan Ternak Kambing PE di Desa Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tampung hijauan pakan dan indeks daya dukung wilayah Desa Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang dalam mencukupi kebutuhan pakan ternak kambing PE selama satu tahun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021 sampai dengan bulan September 2021. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah: data monografi desa, peternak kambing PE, pakan hijauan yang digunakan, dan data dari dinas atau pemerintah terkait. Adapun alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar wawancara, 2) Alat tulis, 3) Sabit, 4) Timbangan Digital, 5) Kantong Plastik, 6) Koran, 7) Meteran, 8) Frame ukuran 0,5 X 0,5 m, dan 9) Kamera HP. Metode yang digunakan adalah survey lapangan. Analisis data menggunakan data primer dan sekunder yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dipaparkan secara deskriptif. Dalam data monografi desa dapat diketahui populasi ternak kambing PE sebesar 10.992 ekor atau 1.323,42 ST yang terdiri dari kambing dewasa dan kambing muda. Hasil wawancara dengan peternak dapat diketahui bahwa: 1) Pakan hijauan yang digunakan adalah kaliandra (Calliandra calothyrsus), gamal (Gliricidia sepium), rumput odot (Pennisetum purpureum cv Mott), rumput lapang, daun singkong (Manihot esculentum), dan kulit kopi, 2) Lokasi pengambilan pakan berada di lahan tegalan (256,00 Ha), pekarangan (34,60 Ha), tepi jalan (72,60 Ha). Hasil pengamatan menunjukan produksi hijauan pakan yang baik ditinjau dari produksi segar yaitu 43.295,52ton/tahun dari luas area tanam 588,89Ha yang terdiri dari produksi hijauan kaliandra, gamal, rumput odot, rumput lapang, singkong, dan kopi. Penentuan daya tampung dan indeks daya dukung ditentukan dari: 1) Kebutuhan pakan ternak kambing PE selama satu tahun (2,88 ton/ha per ST) dan . 2) Proper use pakan hijauan = 5.802,83ton/tahun BK Hasil perhitungan daya tampung di Desa Mulyoasri berdasarkan BK yaitu 2.014,87 ST . Hasil tersebut diatas populasi ternak kambing saat penelitian yaitu 1.323,42 ST. Terdapat sisa daya tampung yang menandakan potensi penambahan ternak sebesar 691,45 ST atau 4.840 ekor kambing dewasa. Perhitungan Indeks Daya Dukung (IDD) wilayah Desa Mulyoasri sebesar 1,52 dengan kriteria “rawan”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah potensi produksi pakan hijauan ternak kambing PE di Desa Mulyoasri lebih besar dari total kebutuhan pakan ternak kambing PE saat penelitian dilaksanakan. Berdasarkan Indeks daya dukung ternak di Desa Mulyoasri dapat diketahui bahwa wilayah tersebut memiliki kriteria rawan. Namun dengan kriteria tersebut, produksi hijauan masih mampu mencukupi kebutuhan pakan ternak kambing salama satu tahun dan masih memiliki sisa daya tampung yang menandakan nilai penambahan kapasitas ternak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050190
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:51
Last Modified: 08 Aug 2022 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193028
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dian Heru Tommy Mashudi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item