The Effect Of Using Different Level Of Cassava Chip Silage In Ration On Blood Sugar And Urea Concentrations Of Crossbred Limousine Fed On Maize Stover (Zea Mays) As Basal Diet

Irwansyah, Maulana Putra and Prof. Dr. Ir., Kusmartono (2022) The Effect Of Using Different Level Of Cassava Chip Silage In Ration On Blood Sugar And Urea Concentrations Of Crossbred Limousine Fed On Maize Stover (Zea Mays) As Basal Diet. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia sedang mengalami pandemi yang berdampak pada berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pertanian, termasuk peternakan. Oleh karena itu, perlu dicari pakan alternatif yang terjangkau secara finansial dan memiliki kualitas gizi yang tinggi. Salah satu jenis pakan yang sudah tidak asing lagi bagi petani adalah produk tanaman singkong. Tanaman singkong dapat ditanam pada musim hujan dan kemarau pada berbagai jenis tanah dan kesuburan, serta karakter pertumbuhan yang cepat membuat tanaman ini cukup mudah ditemukan dan terjangkau. Salah satu cara yang digunakan untuk memperpanjang umur simpan singkong adalah dengan mengolahnya menjadi silase. Silase singkong dalam ransum sapi potong diharapkan dapat menjadi pakan alternatif untuk menekan biaya dan meningkatkan keuntungan. Selain itu, penambahan silase diharapkan dapat membuat kadar glukosa darah dan ureum dalam kondisi normal.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422050012
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:10
Last Modified: 05 Aug 2022 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193010
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Maulana Putra Irwansyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item